Jumat, 18 Aug 2017
Bisnis

Wahh, Stok Sapi di Idul Adha 170 Ribu Ekor

Sabtu, 19 Sep 2015 04:27 | editor : idham

ilustrasi

ilustrasi

JawaPos.com – Seminggu jelang Idul Adha 1436 Hijriah atau 24 September nanti, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah memantau ketersediaan daging di pasar tradisional.

Untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi) Kemendag RI telah memastikan  270 ribu ekor sapi lokal dan 800 ribu ekor kambing.siap dipotong

 Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar stok daging terpenuhi.

"Stok daging sapi menjelang Idul Adha tidak masalah karena sekarang harga cenderung turun tidak seperti sebelumnya," ujar Dirjen Pedagangan Dalam Negeri (PDN) Sri Agustina usai menghadiri konferensi pers di kantor Kemendag, Jumat (18/9).

Dia mengaku setiap Idul Adha, pasokan daging bertambah dari hari biasanya.Saat idul adha  banyak warga yang ingin memotong hewan sapi.

" Namun yang pelu kita ketahui bahwa kebanyakan masyarakat akan melakukan kurban dan membagikannya secara gratis dan artinya hal ini membuat harga relatif turun dari harga Rp110.000/kg menjadi Rp108.000/kg sampai hari ini," ucapnya sembari tersenyum.

Data yang diperoleh Kemendag, untuk daerah Jabodetabek jumlah kebutuhan hewan ada 270 ribu ekor sapi lokal, untuk dijadikan kurban sebanyak 170 ribu ekor.

"Kita masih ada stok 100 ribu ekor.  Dan sapi-sapi lokal ini didatangkan dari Nusa Tenggara, Jawa Tengah,Jawa Timur untuk masuk ke Jabodetabek," jelasnya.

Lanjut Sri, untuk stok daging kambing sangat berlimpah sekira 800 ribu ekor. "Dipotong sekitar 500 ribu sampai Jumat. Jadi artinya itu cukup. Dan harga pun akan tetap landai atau paling tidak harganya stabil," pungkas Sri. (tny/jpg)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia