Kamis, 24 Aug 2017
radartulungagung
Trenggalek
Kodim 08/06 Lebih Intens Sambang ke Sekolah

Cetak Generasi Berkarakter, Beri Wawasan Kebangsaan

Jumat, 11 Aug 2017 07:15 | editor : Andrian Sunaryo

PEDULI GENERASI : Dandim 08/06 Letkol Arm Yustinus Bayu Argo Asmoro menandatangani kerjasama terkait wawasan kebangsaan didampingi Wabup Moch Nur Arifin, kemarin (10/8).

PEDULI GENERASI : Dandim 08/06 Letkol Arm Yustinus Bayu Argo Asmoro menandatangani kerjasama terkait wawasan kebangsaan didampingi Wabup Moch Nur Arifin, kemarin (10/8). (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Dalam waktu dekat prajurit Kodim 08/06 Tranggalek bakal lebih intens sambang ke  sekolah-sekolah di Bumi Menak Sopal. Mereka akan berbaur dan memberikan materi tentang wawasan kebangsaan kepada pelajar, mulai tingkat dasar hingga menengah. Diharapkan kegiatan tersebut membawa out put yang baik. Minimal meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta semangat bela negara.

Kemarin (10/8), ratusan kepala sekolah dasar hingga menengah tumplek bleg di Hotel Hayam Wuruk. Mereka mendengarkan pemaparan singkat mengenai pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi muda, dari Komandan Kodim 08/06 Trenggalek. Selain unsur Forkopimda, hadir pula dalam pemaparan tersebut, dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Trenggalek, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Trenggalek serta Kantor Kemenag yang menaungi Pendidikan Madrasah.

Dandim 08/06 Trenggalek, Letkol Arm Bayu Argo Asmoro mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk penghargaan, penghormatan prajurit kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).  Kegiatan tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa minggu lalu. Kodim 08/06 membuat tim kecil untuk mengujungi sekolahan. Di sana (sekolahan,red), tidak melulu materi dan teori yang diberikan. Para prajurit kodim juga membuat kegiatan-kegitan kecil sebagai aplikasi dari materi-materi yang disampaikan. “ Selain materi ada juga praktik, minimal untuk menumbuhkan kebersamaan anak-anak,” katanya.

Adapun materi wajib yang akan disampaikan adalah seputar wawasan kebangsaan. Meliputi sejarah NKRI, pentingnya pancasila sebagai dasar negara, UUD serta ke-Bhineka Tunggal ika-an.

Menurut dia, wawasan kebangsaan tersebut sangatlah penting untuk generasi bangsa, yang notabene saat ini cenderung mengedepankan ego pribadi. Untuk itu, Kodim 0806 Trenggalek hadir dan ingin sedikit berpartisipasi dalam menumbuhkan karakter dan kepribadian generasi muda, sekaligus menyiapkan pemimpin-pemimpin yang baik di masa datang. “Outputnya, kami ingin generasi muda Trenggalek ini benar-benar generasi berkarakter dan menjadi pemimpin masa depan, 20 atau 30 tahun mendatang,” terang dia.

Di lokasi yang sama, Muchammad Nur Arifin, Wakil Bupati Trenggalek menambahkan, kegiatan tersebut merupakan proyek jangka panjang. Artinya, ada banyak tugas yang menyusul setelah generasi muda Trenggalek memiliki wawasan kebangsaan yang benar. Dan menurut dia, yang paling susah untuk benar-benar berkepribadian sebagaimana dicita-citakan dalam pancasila adalah implementasi alias praktiknya.

Namun sebelum itu, harus ada dasar yang kuat dari dalam diri generasi muda. Sehingga, mereka memiliki kompas moral bahwa mereka adalah bangsa Indonesia. “ Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku, agama dan ras. Seperti yang dikatakan yudilatif bahwasanya ‘semua angka pecahan bisa dibagi atau dikali, jika penyebutnya sama’,” katanya. (*)

(rt/muh/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia