Kamis, 24 Aug 2017
radartulungagung
Tulungagung
pendidikan

Manfaat Ulangan Harian

Senin, 07 Aug 2017 10:51 | editor : Whendy Gigih Perkasa

SERIUS: Guru memberi bibingan kepada muridnya.

SERIUS: Guru memberi bibingan kepada muridnya. (siti nur laily/ RATU)

Ulangan harian adalah bagian evaluasi yang merupakan suatu proses mencakup pengukuran dan testing, berisi pengambilan keputusan tentang nilai. Ulangan harianerupakan evaluasi perdana untuk siswa. "Ulangan harian bisa dipakai guru untuk uji kepahaman siswa dalam menguasai materibpelajaran," ungkap Bambang S, salah seorang guru SMP di Kota Marmer.  Ulangan harian juga bermanfaat untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran, memuaskan atau tidak. Diharapkan melalui ulangan ini siswa semakin giat belajar dan mampu meraih nilai maksimal serta diharapkan akan mampu menunjang perkembangan dunia pendidikan agar menjadi lebih berkualitas, dengan bibit anak didik yang berkualitas pula. 

Bagi siswa tidak sedikit yang beranggapan ulangan harian sebagai momok. Terlebih, ketika dilaksanakan dari mata pelajaran tertentu, misalnya Matematika, Bahasa Inggris, Kimia, dan beberapa lainnya. Padahal, ini bermanfaat bagi siswa sebagai evaluasi penguasaan terhadap materi pembelajaran motivasi diri. Evaluasi yang dimaksudkan yakni dari hasil ulangan harian, bisa diperkirakan tingkat pemahaman mapel. Ketika hasil ulangan kurang baik, akan menjadi pemacu semangat untuk lebih berusaha menguasai materi pelajaran. "Sebenarnya ulangan harian beri dampak positif kepada siswa. Jadi tidak perlu menghindar dan justru belajar tekun untuk mendapatkan hasil maksimal," ujar Bambang. 

Ketakutan para siswa terhadap ulangan harian kebanyakan karena hasil ulangan akan digunakan sebagai bahan utama penilaian rapor. Ini juga berhubungan dengan kenaikan kelas. "Rasanya beban pikiran, terlebih ketika hasil ulangan kurabg dari nilai standart ketuntasan minimal," ungkap Mahardika, salah seorang siswa SMP. 

Menurut dia, sebaiknya ulangan harian bukanlah penentu dalam nilai rapor melainkan hanya latihan. Karena latihan, maka nilai yabg kurang, bisa diperbaiki. "Jadi bukan hal utama, sebab masih ada ulangan semester yang dipakai untuk penentu kenaikan kelas setelah diolah dengan nilai lainnya seperti tugas," katanya.(wen).

(rt/whe/whe/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia