Jumat, 18 Aug 2017
radartulungagung
Politik
Antisipasi Permasalahan Pemilu

Pemutakhiran Daftar Pemilih

Rabu, 19 Jul 2017 11:44 | editor : Whendy Gigih Perkasa

SEMANGAT: Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jawa Timur Choirul Anam juga memberi materi

SEMANGAT: Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jawa Timur Choirul Anam juga memberi materi (KPU Tulungagung for RATU)

Daftar Pemilih yg merupakan salah satu komponen dalam penyelenggaraan pemilu, seringkali digunakan oleh peserta pemilu sebagai pintu masuk dalam mempermasalahkan hasil pemilu itu. Inilah yang menjadi salah satu perhatian KPU Tulungagung. itu juga sesuai yang disampaikan Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jawa Timur Choirul Anam saat rakor di Blitar beberapa hari lalu.

Informasi yang berhasil dihimpun dari KPU Tulungagung, seringkali gugatan-gugatan yang ada bukan pada hasil pemilihan, namun lebih kepada proses penyelenggaraan pemilihan. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka Daftar Pemilih KPU harus terus ditingkatkan akurasinya. Salah satu caranya melalui pemutakhiran secara berkelanjutan.

Daftar pemilih dimutakhirkan secara terus-menerus sepanjang tahun, bukan lima tahun sekali atau setiap akan pemilu seperti sebelumnya. Karena kelemahannya, seringkali ketika pemutakhiran daftar pemilih dalam siklus lima tahunan terjadi nama-nama pemilih yang sebenarnya telah dimutakhirkan (meninggal atau mutasi) namun muncul kembali. Dengan pemutakhiran berkelanjutan inilah akurasi daftar pemilih semakin bisa dicapai. (wen)

(rt/whe/whe/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia