Kamis, 24 Aug 2017
radarsurabaya
Gresik

Undang Wisatawan ke Bawean, Gelar Festival

Sabtu, 12 Aug 2017 09:31 | editor : Aries Wahyudianto

BUDAYA BAWEAN : Tarian Bawean akan membuka gelaran festival budaya yang diharapkan bisa mendongkrak wisatawa di pulau ini.

BUDAYA BAWEAN : Tarian Bawean akan membuka gelaran festival budaya yang diharapkan bisa mendongkrak wisatawa di pulau ini. (YUDHI/RADAR GRESIK)

KEBOMAS - Pemerintah Provinsi Jatim dan industri pariwisata di Jatim akan menggelar Festival Tarian Bawean 2017. Rencana ini untuk mendongkrak angka kunjungan pariwisata di Pulau Bawean.

Kepala Dinas Provinsi Jatim, Djariyanto mengatakan, festival tarian Bawean diikuti ratusan penari serta dihadiri kesenian daerah dari Jatim. "Kami terus berusaha secara konsisten menempatkan Jawa Timur pada peta pariwisata dunia atau sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional," ujarnya kepada Radar Gresik, kemarin.

Dijelaskan, dipilihnya Pulau Bawean karena wilayah ini merupakan destinasi wisata yang cukup indah di Jatim. Hanya saja, selama ini belum banyak pihak atau dunia yang mengetahuinya.

Disebutkan, pihaknya menargetkan kunjungan wisman 2017 sebesar 625 ribu orang dan wisatawan nusantara 54 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 2 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun 2015, jumlah wisatawan dari mancanegara ini sebanyak 612 ribu orang. Setahun kemudian naik 2 persen menjadi 618.658 orang.

"Selama ini kunjungan wisatawan lokal terbanyak berasal dari peziarah yang mengunjungi makam wali lima yakni Sunan Ampel Surabaya, Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri Gresik, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Bonang Tuban. Serta beberapa wisata religi ke makam ulama di Jawa Timur lainnya," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim, M Soleh, mendukung pemerintah langkah pemerintah dalam menggenjot Wisman dan Winus mengunjungi Gresik. Hal ini dikarenakan bisnis resto dan perhotelan di kota pudak sedang berkembang.

“Dipilihnya Bawean untuk event ini cukup tepat ditengah bisnis perhotelan Gresik yang sedang mulai naik daun. Event ini akan membawa dampak spirit bagi pelaku usaha hotel dan resto untuk berkompetisi mengembangan hunian mereka,”kata Soleh.(fir/ris)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia