Kamis, 17 Aug 2017
radarsurabaya
Gresik

PIP Belum Tuntas, Kartu Gresik Pintar Ditunda

Sabtu, 12 Aug 2017 08:51 | editor : Aries Wahyudianto

DITUNDA : Realisasi program KGP ditunda lantaran pembagian kartu PIP tak kunjung tuntas.

DITUNDA : Realisasi program KGP ditunda lantaran pembagian kartu PIP tak kunjung tuntas. (Dok/Radar Gresik)

KOTA – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik memilih menunda pelaksanaan Kartu Gresik Pintar (KGP). Penyebabnya, hingga kini jatah untuk Program Indonesia Pintar (PIP) belum habis. Sehingga, Dispendik khawatir jika dua program dilaksanakan berbarengan bisa menimbulkan double bantuan.

Kepala Dispendik Kabupaten Gresik Mahin mengatakan pihaknya memang mengusulkan untuk menunda program KGP. Sebab, untuk pembagian jatah kartu PIP dari pemerintah pusat belum selesai dilakukan. "Iya kami tunda dulu untuk program KGP agar tidak rancu dilapangan," ujarnya.

Menurut dia, secara prinsip program kartu KGP adalah untuk menutupi kekurangan jatah kartu PIP. Kalau jatah 10 ribu kartu PIP saja belum tuntas bagaimana bisa tahu kekurangannya berapa. "Iya, kami sejak awal menunggu selesainya pembagian kartu PIP dulu," ungkap dia.

Dikatakan, untuk kartu KGP nanti bakal tetap dilanjutkan pelaksanaanya. Namun, pihaknya belum dapat memastikan kapan selesainya validasi kartu PIP. "Kemarin untuk PIP sempat terjadi permasalahan karena ada orang mampu yang dapat. Sekarang lagi kami validasi," terangnya.

Sebagai catatan, dalam program KGP, besaran bantuan yang rencananya akan diberikan sebesar Rp 450.000 per siswa untuk siswa di tingkat SD, dan Rp 750.000 per siswa untuk pemegang kartu pintar yang duduk di bangku SMP. 

KGP diprogramkan untuk 2.400 siswa-siswi miskin sekolah negeri. Rinciannya, terdiri dari 2.000 siswa Sekolah Dasar (SD) dan 400 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tahun ini, Pemkab sebenarnya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar untuk pelaksanaan program tersebut. (rof/ris) 

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia