Senin, 21 Aug 2017
radarsurabaya
Events

Vokasi ITS Gelar Konferensi Internasional Pertama Kali

Minggu, 06 Aug 2017 11:58 | editor : Abdul Rozack

 Surabaya - Berbeda dari tahun sebelumnya, departemen yang bergabung dengan Fakultas Vokasi ini mengadakan konferensi yang menggabungkan antara event Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW) dan _International Conference Of Applied Science And Technology For Infrastructure Engineering (ICASIE)._ ICASIE merupakan konferensi internasional dan _parallel session_ dalam bidang rekayasa infrastruktur sipil pertama kali yang dilaksanakan atas inisiatif Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi ITS. 
Salah satu tujuannya adalah membangun dan mempererat jejaring diantara akademisi dan praktisi pada bidang rekayasa sipil nasional dan internasional.ATPW merupakan seminar nasional dan sesi kelas yang saat ini menjadi acara yang kesepuluh dan diketuai oleh Kamilia Aziz, ST, MT. Sedangkan ICASIE 1st diketuai oleh Dr. Ir. Bayu Ridho Aji, MT dimana kedua acara tersebut mengambil tema mengenai Material For Infrastructure Engineering. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 05 Agustus 2017 di Ballroom Hotel Swiss-Belinn Internasional Manyar-Surabaya, dimana peserta yang hadir mencapai sekitar 200 orang. Terdapat 73 pemakalah yang berpartisipasi dalam acara ICASIE 1st, 
Dalam konferensi tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., diundang sebagai pemateri utama. Meski sudah mengirim makalah, namun Menteri PUPR batal hadir karena ada tugas kenegaraan yang lebih penting. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pemateri dari perguruan tinggi asal Malaysia yakni Prof. Dr. Mohd Mustafa Al-Bakri Abdullah (Universiti Malaysia Perlis), Prof. Ir. Dr. Muhammad Fadhil Nuruddin (Universiti Teknologi Malaysia) dan Dr. Mohammad Anuar bin Kamaruddin (Universiti Sains Malaysia). Selain itu, Ir. Wahyu P. Kuswanda dari PT. Teknindo Geosistem Unggul turut diundang sebagai pemateri dalam acara ini.
Prof Dr Ir Ketut Buda Artana, MSc. PhD, Wakil Rektor IV Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyambut baik agenda konferensi internasional Vokasi ITS ini. ''Agenda ini merupakan salah satu bentuk komitmen ITS dalam memberikan kontribusi nasional maupun internasional terhadap penyelesaian masalah infrastruktur sipil. Ini penting untuk mencapai tahapan pengembangan ITS PTNBH dimana sejak tahun 2016 ditargetkan sebagai RESEARCH UNIVERSITY, tahun 2025 ditargetkan sebagai RESEARCH AND INNOVATIVE UNIVERSITY, dan pada tahun 2035 ditargetkan sebagai INTERPRENEURAL UNIVERSITY." ungkap Ketut Buda Artana.
Bagi Machsus, Kepala Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS), kegiatan ICASIE cukup spesial karena merupakan  konferensi internasional perdana pasca restrukturisasi Program Studi Diploma ITS disatukan dalam satu fakultas. "Ini berarti bahwa jika program vokasi diberi ruang dan kesempatan, maka bisa dipastikan akan mengalami kemajuan yang akseleratif," ungkap Wakil Sekjen Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITS tersebut.
Penyelenggaraan ICASIE ini didasari oleh banyaknya problem terkait rekayasa infrastruktur sipil di Indonesia. Untuk itu, melalui konferensi internasional ini diharapkan mampu memberi solusi terhadap problem infrastruktur di Indonesia. "Kami berharap melalui acara ini banyak muncul gagasan, dan inovasi baru sehingga keberlanjutan ICASIE ini perlu dijaga," ujar Machsus.
Semua paper yang lolos seleksi Tim Reviewer ICASIE akan diterbitkan dalam prosiding IOP Conference Series: Materials Science and Engineering(ISSN: 17578981). Sedangkan untuk paper yang lolos seleksi Tim Reviewer ATPW akan diterbitkan di prosiding ATPW atau di jurnal elektronik JTAS. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil (eISSN:2579-891X; Cetak:1907-753X), adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Fakultas Vokasi ITS, bertujuan sebagai media publikasi hasil penelitian Teknik Sipil, yang berkaitan dengan rekayasa dan aplikasi Teknik Sipil pada lamanhttp://iptek.its.ac.id/index.php/jats. (jar)

(sb/jar/jek/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia