Jumat, 18 Aug 2017
radarsurabaya
Ekonomi

Kloter 1 CJH Palembang Diberangkatkan dengan Pesawat Saudi

Jumat, 04 Aug 2017 23:34 | editor : Wijayanto

RISTI: Calon jemaah haji dari Sumatera Selatan dipapah oleh petugas saat akan naik ke pesawat.

RISTI: Calon jemaah haji dari Sumatera Selatan dipapah oleh petugas saat akan naik ke pesawat. (DOK)

PALEMBANG - Kelompok terbang I calon jemaah haji (CJH) embarkasi Palembang berjumlah 449 orang diterbangkan dengan pesawat Saudian Airlines, Jumat (4/8) malam. Embarkasi Palembang yang terdiri dari 19 kloter berjumlah 8.104 CJH, terdiri dari 7.035 CJH asal propinsi Sumatera Selatan dan 1.069 CJH dari propinsi Bangka Belitung.

Kakanwil Kementerian Agama HM Alfajrj Zabidi  di asrama haji sebelum pelepasan calon jemaah haji kloter I mengimbau kepada CJH untuk tetap menjaga kesehatan dengan menggunakan masker, banyak minum air putih, dan menghindari terik matahari langsung.

Gubernur Sumatera  Selatan Alex Nurdin dalam kesempatan tersebut secara simbolis memberikan bantuan dana sebesar Rp 500.000 atau 115 Real kepada masing- masing jamaah untuk tambahan transportasi di Saudi Arabia.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Iskandar Hamid mengatakan bahwa persiapan penerbangan calon jemaah haji tahun 2017/1438 H sudah 100 persen. Bandara telah menambah pihak keamanan untuk mengantiaipasi meningkatnya jumlah pengunjung yang akan mengantar jemaah dan penambahkan jam operasional.

Yang dikhawatitkan oleh pengelola bandara justru ancaman asap. Karena beberapa waktu lalu ada beberapa titik api di wilayah Sumatera Selatan terbakar. “Hal ini dapat mengancam tertundanya keberangkatan jemaah,” kata Iskandar.

Antisipasi yang dilakukan untuk mencegah terjadinya serbuan asap yang berasal dari kebakaran adalah penerapan teknologi modifikasi cuaca agar berperilaku lebih terarah sesuai dengan kebutuhan. Karena gangguan asap bisa menyebabkan keterlambatan penerbangan dari jadwal yang telah ditetapkan.

Sementara itu dalam peninjauan pada pelaksanaan embarkasi haji, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta semua operator untuk memberikan pelayanan terbaik. Menhub mengungkapkan pihaknya sudah mendapatkan laporan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Saudia Airlines, PT Airnav Indonesia, dan PT Angkasa Pura II (Persero).

"Dari laporan yang disampaikan oleh Garuda Indonesia, Saudia Airlines, Airnav Indonesia, dan PT Angkasa Pura II, semua berjalan baik," ungkap Menhub. 

Sebagai informasi, jumlah jamaah haji tahun 1437 H/2017 M di seluruh Indonesia adalah 206.535 jamaah. Sedangkan total kapasitas seat sebanyak 209.192 yang terbagi dalam 511 kelompok terbang (kloter). Dari jumlah 511 kloter tersebut dibagi ke dalam 12 embarkasi. 

Antara lain 12 kloter di Banda Aceh, 22 kloter di Medan, 17 kloter di Padang, 19 kloter di Palembang, 27 kloter di Batam, 159 kloter di Jakarta, 95 kloter di Solo, 83 kloter di Surabaya, 18 kloter di Banjarmasin, 13 kloter di Balikpapan, 35 kloter di Makassar, dan 11 kloter di Lombok. (pur)

(sb/jpc/jay/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia