Sabtu, 22 Jul 2017
radarsolo
Wonogiri

Transportasi Minim, Mobil Bak Terbuka Nekat Angkut Warga

Kamis, 13 Jul 2017 18:35 | editor : Bayu Wicaksono

Warga di wilayah Pracimantoro ini terpaksa naik angkutan bak terbuka karena tidak ada transportasi umum.

Warga di wilayah Pracimantoro ini terpaksa naik angkutan bak terbuka karena tidak ada transportasi umum. (IWAN KAWUL/RADAR WONOGIRI)

WONOGIRI - Polisi akhirnya menindak kendaraan bak terbuka yang nekat untuk mengangkut orang. Padahal, sesuai aturan seharusnya kendaraan tersebut hanya khusus untuk membawa barang.

Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora melalui Kapolsek Pracimantoro AKP Dwi Krisyanto mengatakan, kendaraan bak terbuka jenis pikap  untuk mengakut orang selama ini memang lazim ditemukan di wilayahnya. Aktivitas tersebut jelas melanggar ketentuan karena kendaraan bak terbuka bukan peruntukannya. 

“Kendaraan bak terbuka untuk mengangkut barang dan hewan. Bukan untuk manusia. Karena ini sangat membahayakan keselamatan nyawa,” kata Dwi Krisyanto, kemarin. 

Mengantisipasi tidak terjadi hal yang lebih fatal, kemarin jajaran Polsek Pracimantoro menggelar razia. Hasilnya, sebuah kendaraan bak terbuka yang kedapatan digunakan untuk mengangkut orang dihentikan polisi. 

“Kita beri teguran, karena memang tidak untuk peruntukannya. Baik pengemudi dan penumpangnya kami beri penjelasan bahwan itu sangat berbahaya terhadap keselamatan jiwa,” ujarnya.

Tidak hanya di wilayah Pracimantoro, penggunaan mobil bak terbuka juga jamak terjadi di wilayah pedesaan di Wonogiri. Kondisi ini terpaksa dilakukan karena minimnya alat transportasi di pedesaan. Biasanya warga menggunakan ini untuk rombongan undangan pernikahan atau menjenguk orang sakit yang jaraknya jauh dari desa mereka.

“Ini memang berbahaya bagi keselamatan. Tapi warga terpaksa naik ini karena memang tidak ada kendaraan lain. Harusnya ini juga ada solusi agar warga juga bisa beraktivitas dengan tenang,” ujar Ahmad Purwanto, salah satu warga Jatipurno. (bun) 

(rs/kwl/bay/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia