Sabtu, 22 Jul 2017
radarsemarang
Ekonomi Bisnis

Bawang Putih Kating Masih Mahal

Rabu, 12 Jul 2017 15:49 | editor : Pratono

BELUM NORMAL: Meski mengalami penurunan usai Lebaran, harga bawang putih kating masih tinggi.

BELUM NORMAL: Meski mengalami penurunan usai Lebaran, harga bawang putih kating masih tinggi. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG- Sejumlah harga kebutuhan bahan pokok usai Lebaran terpantau turun. Pasokan dari petani masih melimpah. Meski demikian, beberapa harga komoditas masih di atas harga normal.

"Pasokan dari petani sebelum Lebaran hingga usai Lebaran ini masih melimpah. Namun ada juga beberapa pasokan yang masih kurang, sehingga harga cuma turun sedikit," ungkap Hendi, salah satu pedagang di Pasar Pedamaran Kranggan Kota Semarang, Rabu (12/7/2017).

Harga bawang putih kating, lanjut Hendi, turun dari harga Rp 80 ribu/kg menjadi Rp 50-55 ribu/kg. Tapi menurutnya, harga ini masih tergolong mahal. "Kalau bawang putih kating masih tinggi, harga normalnya biasanya berkisar Rp 40 ribu/kg. Namun, jika pasokan melimpah harga bawang putih saat ini bisa turun ke harga normal," imbuhnya. Masih tingginya bawang putih kating dikarenakan jumlah pasokan masih terbatas.

Sementara untuk harga bawang putih impor berkisaran Rp 25ribu/kg. Untuk harga bawang merah saat ini Rp 30 ribu/kg, cabai setan Rp 25 ribu/kg dan cabe merah kriting Rp 12 ribu/kg.

Salah satu pembeli, Umi Vio warga Ngaliyan berharap harga kebutuhan bahan pokok dapat stabil. Beberapa usaha pemerintah untuk menekan kenaikan harga saat Lebaran kemarin juga diapresiasi, karena sangat berpengaruh baik untuk ibu rumah tangga atau para pedagang makanan.

(sm/dit/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia