JawaPos Radar

Semifinal

Cetak Gol Cepat, Inggris Buktikan Diri sebagai Spesialis Bola Mati

12/07/2018, 01:53 WIB | Editor: Agus Dwi W
kroasia vs inggris
Inggris masih piawai dalam mencetak gol melalui situasi bola mati, termasuk ke gawang Kroasia. (Mladen Antonov/AFP)
Share this image

JawaPos.com - Laga berjalan sedikit lamban di awal babak pertama. Inggris berusaha mendominasi dengan penguasaan bola, sementara Kroasia tampaknya ingin membuat peluang secepatnya.

Namun, justru Inggris yang pertama kali mendapat peluang setelah Dele Alli dijatuhkan Luka Modric tepat di depan kotak penalti Kroasia pada menit ke-4. Trippier menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya mengarah tepat ke sudut gawang Subasic.

Gol ini kontan meningkatkan tempo pertandingan. Kroasia dengan cepat merancang serangan ke wilayah pertahanan Inggris. Sejumlah upaya tendangan pun coba dilakukan. Tapi belum bisa mengancam gawang Jordan Pickford.

piala dunia 2018
Duel-duel udara kerap dimenangkan oleh pasukan Inggris. (Mladen Antonov/AFP)

Upaya Kroasia ditanggapi dengan tenang oleh skuad Inggris. Mereka memanfaatkan agresivitas Kroasia dengan melakukan sejumlah serangan balik. Hasilnya, mereka mendapat dua tendangan sudut dalam waktu berdekatan.

Dalam dua kesempatan tendangan sudut itu, Inggris kembali menunjukkan kepiawaian mereka dalam memanfaatkan bola mati. Dua kali pemain Inggris menang dalam duel udara. Sayang, bola belum mengarah ke gawang.

Inggris kembali mendapat peluang melalui set pieces di menit 27. Menyusul pelangaran Dejan Lovren terhadap Sterling. Bola umpan Ashley Young masih bisa ditinju Subasic. Gawang Kroasia kembali aman.

Memasuki 15 menit terakhir babak pertama, Kroasia semakin gencar menekan Inggris. Namun, peluang yang tercipta belum mampu menggetarkan gawang Pickford. Selain karena pertahanan Inggris yang bermain solid, serangan Kroasia kerap terburu-buru sehingga tidak maksimal.

Skuad Kroasia pun tampak mulai frustrasi untuk bisa menembus pertahanan berlapis milik Inggris. Terlihat dari mulai maraknya pelanggaran yang dilakukan para penggawa Kroasia. Beruntung saja wasit belum memberikan kartu kuning kepada mereka.

Untuk sementara Inggris unggul 1-0 berkat sepakan melengkung Kieran Trippier. Namun, pertandingan masih panjang. Masih banyak peluang yang bisa diciptakan Kroasia di babak kedua.

Susunan pemain Kroasia vs Inggris:

Kroasia (4-2-3-1): 1-Subasic; 2-Vrsaljko, 21-Vida, 6-Lovren, 3-Strinic; 7-Rakitic, 10-Modric; 18-Rebic, 11-Brozovic, 4-Perisic; 17-Mandzukic
Pelatih: Zlatko Dalic

Inggris (3-5-2): 1-Pickford; 2-Walker, 5-Stones, 6-Maguire; 12-Trippier, 8-Henderson, 18-Young; 7-Lingard, 20-Dele; 10-Sterling; 9-Kane
Pelatih: Gareth Southgate

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up