JawaPos Radar

Polisi Sebut Belum Ada Kelalaian Saat Kebakaran di Gedung Kemenhub

12/07/2018, 05:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Polisi Sebut Belum Ada Kelalaian Saat Kebakaran di Gedung Kemenhub
Petugas pemadam kebakaran DKI Jakarta melakukan evakuasi korban kebakaran kantor Kemenhub (Muhamad Ali/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Berkas penyelidikan kebakaran Kantor Kementrian Perhubungan (Kemenhub) dari Polres Metro Jakarta Pusat dilimpahkan ke Polda Metro Jaya, di Subdit Kamneg Ditreskrimum. Belum ada temuan penyebab kebakaran yang mengakibatkan empat orang tewas itu. 

Pelimpahan berkas dilakukan pada Selasa (10/7). Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono menuturkan, kepolisian belum melihat adanya kelalaian pihak Kemenhub dalam insiden itu. "Belum ada (kelalaian, red)," kata dia. 

Untuk mengetahui apa penyebab pasti kebakaran, Argo mengaku perlu menunggu hasil resmi pemeriksaan Laboratorium Forensik Polri (Puslabfor). Dia menambahkan, kini hasil penyelidikan Puslabfor belum keluar.

Kemudian, di lain sisi, kepolisian juga masih terus melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat. "Itukan asap, asap yang timbul. Sehingga, asap itu membuat panik di sana. Ada beberapa orang kehabisan oksigen, asap hitam pekat," tuturnya. 

Meski berkas telah dilimpahkan, mantan Dirtahti Polda Kaltim itu menegaskan, tidak ada perkara yang dihentikan. Semua masih tetap dilanjutkan. "Kami juga masih mencari tahu penyebabnya," tambahnya. 

Amukan si jago merah terjadi sekitar pukul 04.00, di lantai 5, 11, dan 12. Jilatan api dapat dipadamkan empat jam kemudian. Yakni sekitar pukul 08.00.

Selama proses pemadaman, petugas  mengevakuasi orang-orang yang terjebak di dalam gedung. Ada 14 orang dievakuasi dalam kondisi pingsan. Kemudian empat lainnya ditemukan sudah tak bernyawa.

(sam/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up