Jumat, 28 Jul 2017
radarmojokerto
Journey

Karimun Jawa, Eksotika Laut Jawa

Kamis, 06 Jul 2017 20:58 | editor : Mochamad Chariris

Pengunjung menikmati destinasi alam bawah laut.

Pengunjung menikmati destinasi alam bawah laut. (Andy Prasetya for Radar Mojokerto)

 

MOJOKERTO - Sebagai negara bahari, Indonesia dikenal memiliki destinasi wisata pantai yang mempesona. Salah satunya adalah Karimun  Jawa.

Berada di antara ikan hiu menjadi pengalaman sendiri bagi pengunjung.

Berada di antara ikan hiu menjadi pengalaman sendiri bagi pengunjung. (Andy Prasetya for Radar Mojokerto)

Terletak di Kabupaten Jepara Jawa Tengah, Karimun Jawa merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari 27 pulau. Namun, dari puluhan pulau tersebut hanya sekitar 5 pulau yang dihuni.

Karena berupa kepulauan, tentu saja Karimun  Jawa memberikan keindahan khas pemandangan laut yang eksotis. Bahkan karena keindahan serta ekosistem lautnya yang terjaga, kepulauan ini ditetapkan pemerintah sebagai salah satu taman nasional Indonesia sejak tahun 2001silam.

Salah satu spot wisata yang menjadi favorit pengunjung adalah penangkaran ikan hiu yang terletak di pinggir pulau Menjangan Besar. Cukup dengan membayar Rp 25 ribu perorang, pengunjung bisa bermain bersama ikan-ikan yang terkenal ganas tersebut.

’’Kita bisa snorkling bersama para hiu. Karena oleh pemiliknya hiu ini dipelihara sejak kecil, sehingga mereka terbiasa dengan manusia,’’ kata Andi Prasetya, salah satu pengunjung dari Mojokerto. Jadi dipastikan aman untuk berenang bersama kumpulan ikan ganas ini.

Spot wisata lainnya tentu saja kawasan ekosistem lautnya. Di perairan Karimun Jawa menurut Andi, masih banyak ditemui ikan yang sudah tergolong langka. Yaitu ikan Kakaktua. Ikan yang berwarna kehijauan ini bisa bertahan di Karimun Jawa berkat ekosistemnya yang masih alami.

Dan tentu saja yang tak ketinggalan adalah indahnya pemandangan saat matahari terbit dan terbenam. Selain di pantai, tempat favorit menikmati proses pergantian waktu tersebut adalah di dermaga setempat. Pemandangan ini pula yang membuat para wisatawan selalu terkesan dan selalu ingin mengunjungi lagi Karimun Jawa.

Bahkan Andi mengaku, meski sudah berlibur selama 5 hari di kepulauan ini, ia nyaris tak pernah merasa puas untuk mengunjungi setiap spot wisata yang terdapat di Karimun Jawa. Padahal sudah hampir setiap sudut pulau ini ia jelajahi. ’’Pokoknya rugi deh kalau gak ke sini,’’ pungkas Andi. 

(mj/ron/ris/JPR)

Rekomendasi Untuk Anda

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia