Sabtu, 29 Jul 2017
radarkudus
Inspirasi

Dari Hobi, Bisa ke Luar Negeri

Sabtu, 15 Jul 2017 12:50 | editor : Ali Mustofa

Belia Mulyaningtyas

Belia Mulyaningtyas (INTAN M SABRINA/RADAR KUDUS)

SEJAK kecil, Belia Mulyaningtyas memiliki hobi jalan-jalan. Bukan hanya di dalam negeri, namun juga hingga luar negeri. Ia rela mencari pertukaran pelajar di kampusnya, agar bisa belajar sambil jalan-jalan ke negera lain.

Meski kesukaannya itu dimiliki sejak kecil, namun ia jarang menyalurkan hobi itu bersama orang tuanya. ”Orang tua jarang ada waktu. Jadi, jarang sekali (jalan-jalan bersama orang tua, Red). Bahkan, hampir tidak pernah jalan bareng mereka,” katanya.

Ia lebih sering menghabiskan hobi jalan-jalan bersama teman-teman sekolah atau kuliah. Biasanya ia menghabiskan hobinya itu, ke tempat yang sejuk seperti gunung. ”Saat jalan-jalan saya sempatkan mencoba kuliner khas daerah setempat. Tujuannya, agar tahu khasanah kuliner lokal,” terangnya.

Gadis kelahiran Grobogan, 30 Desember 1995 ini, memiliki pengalaman unik saat kali pertama jalan-jalan. ”Dulu saat masih SMA pernah nekat ke Semarang naik motor. Sampai sana malah kesasar jauh sampai ke Semarang Barat. Bahkan, terpisah dengan teman-teman rombongan,” kenangnya.

Selain itu, sejak alumni SMAN 1 Purwodadi ini kuliah, ia selalu menyempatkan waktu dua bulan sekali untuk bisa menyalurkan hobinya. ”Meski cuma di sekitaran Solo dan Semarang. Sering backpacker-an hingga Malang dan Bali. Pastinya harus ada teman untuk diajak jalan,” tandasnya.

Tak hanya itu, Belia juga rela mencari beasiswa pertukaran pelajaran di kampusnya agar bisa ke luar negeri. ”Saat itu nyoba masukin beasiswa ke universitas di Korea Selatan. Alhamdulillah lolos. Akhirnya bisa lima bulan di sana,” terang gadis yang berdomisili di RT 4/RW 7, Dusun Kembangan Utara, Kecamatan Pulokulon, ini. 

(ks/int/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia