Jumat, 21 Jul 2017
radarkudus
Kudus

Antisipasi Calo, Provos Lakukan Pengawasan

Kamis, 13 Jul 2017 13:50 | editor : Ali Mustofa

PENGAWASAN: Sejumlah personel Provos Polres Kudus melakukan pengawasan di bagian pelayanan masyarakat untuk mengatisipasi adanya calo kemarin.

PENGAWASAN: Sejumlah personel Provos Polres Kudus melakukan pengawasan di bagian pelayanan masyarakat untuk mengatisipasi adanya calo kemarin. (FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS)

KUDUS – Guna mewujudkan pelayanan yang bersih dari percaloan, Polres Kudus menempatkan personel Provos di bagian pelayanan masyarakat. Gunanya untuk melakukan pengawasan di tempat-tempat rawan pungutan liar (pungli), seperti di pembuatan Satuan Penyelenggara Adiministrasi SIM (Satpas), pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan Samsat.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning melalui Kasi Propam Ipda T.M Effendi mengatakan, penempatan personel Provos Paminal tersebut, dimaksudkan untuk mengawasi jalannya pelaksanaan pelayanan.

Lokasi yang menjadi pengawasan di antaranya, loket, cek fisik, TNKB, serta ujian praktik dan teori Surat Izin Mengemudi (SIM). Dia menyampaikan, selama ini stigma masyarakat pelayanan publik dengan birokrasi cenderung kaku, kurang informatif, cenderung lambat, dan tidak praktis menjadi stimulan untuk menggunakan jasa calo sebagai pilihan dan berakibat terjadinya pungli.

”Untuk mengantisipasi hal itu, terutama calo, kami telah menempatkan sejumlah personel untuk melakukan pengawasan di beberapa pelayanan publik. Patroli dan razia praktik percaloan dikalukan di dalam maupun luar gedung pelayanan kawasan Samsat, SKCK, dan Satpas,” ungkap Effendi.

Dia melanjutkan, adanya pengawasan dari Provos tersebut, agar masyarakat tidak terjebak calo di unit-unit pelayanan. Selain itu, petugas juga memasang papan biaya pengurusan layanan dan spanduk imbauan antipungli dan percaloan di Samsat dan Satpas.

”Aktivitas pelayanan berjalan dengan baik. Kami belum menemukan adanya calo atau pungli. Jika ada langsung kami tindak. Masyarakat yang menjumpai praktik calo atau pungli segera laporkan, agar tidak ada yang dirugikan,” imbaunya.

(ks/ruq/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia