Senin, 24 Jul 2017
radarjogja
Sportainment

Seto Kandidat Pelatih Lisensi A AFC

Senin, 17 Jul 2017 12:45 | editor : Jihad Rokhadi

SLEMAN – PSSI merilis daftar kandidat beberapa pelatih yang akan mengikuti kursus pelatih lisensi A AFC yang kemungkinan dimulai 29 Juli mendatang. Hal itu jika merujuk jadwal kursus kepelatihan sepanjang 2017 ini. Dari 23 nama pelatih itu, terdapat nama Seto Nurdiantoro yang saat ini menjadi asisten pelatih PSS Sleman.

Selain Seto, beberapa nama mantan pemain timnas dan pesepakbola nasional juga ikut dalam daftar tersebut. Seperti Francis Wewengkang, Yusuf Ekodono, I Putu Gede, Nova Arianto, Ponaryo Astaman, Yeyen Tumena serta Kurniawan Dwi Yulianto. Bersama dengan beberapa pelatih tim Liga 2 yang saat ini telah mengantongi lisensi B AFC seperti Nazal Mustofa dari Persibas Banyumas dan Salahudin dari Perssu Sumenep.

Disinggung mengenai kemungkinan absen membantu Freddy Muli melatih PSS jika mengikuti kursus kepelatihan, Seto belum bisa bicara banyak. Sebab ia belum mengetahui berapa jumlah yang lolos dan hasil seleksinya. “Itu baru cuma kandidat. Kalau berapa yang diberangkatkan saya kurang tahu,” ujarnya kepada Radar Jogja kemarin (16/7).

Meskipun demikian ia tetap optimistis bisa lolos mengikuti pelatihan untuk mendapatkan lisensi A AFC. Saat ini Seto sudah mengantongi lisensi B AFC yang menjadi syarat untuk melatih tim di Liga 2. Sementara untuk melatih tim Liga 1 disyaratkan untuk memiliki lisensi kepelatihan A AFC. “Doakan saja bisa lolos,” tambahnya.

Sejauh ini mantan pelatih PSIM Jogja dan PSS Sleman di musim lalu itu mengaku tidak melakukan persiapan khusus. Sebab saat ini mantan pemain timnas itu masih mendampingi pelatih Freddy Muli untuk menangani PSS di grup 3 Liga 2. Terlebih grafik penampilan PSS sedang mengalami peningkatan dengan bertengger di posisi puncak sampai akhir putaran pertama.

Pelatihan gelombang saat ini diharapkan akan menambah jumlah pelatih lisensi A AFC di Indonesia yang jumlahnya baru mencapai 68 orang. Sangat jauh dibandingkan Jepang yang memiliki hingga 60 ribu pelatih berlisensi A AFC. Setelah lepas dari banned FIFA, PSSI menggeber kursus pelatih berlisensi AFC.

(rj/riz/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia