Jumat, 28 Jul 2017
radarjogja
Wisata

Festival Perahu Naga Tarik Wisatawan dan Jaring Atlet Dayung

Senin, 10 Jul 2017 14:11 | editor : Jihad Rokhadi

BANTUL- Sebanyak  20 tim dari berbagai wilayah DIJ dan Jawa Tengah, meramaikan ajang tahunan Festival Perahu Naga 2017 di kawasan Laguna Pantai Depok, Bantul, kemarin (9/7). Kegiatan ini digelar Persatuan Olahraga Dayung Se Indonesia (PODSI) DIJ bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Ketua Umum PODSI DIJ Martoyo mengatakan, perlombaan ini mengacu pada lomba nasional dengan batasan umur minimal 1993. Untuk jarak sebenarnya sesuai aturan nasional 500 meter, namun karena sulit mencari trek lurus sepanjang itu, panitia hanya menggunakan jarak 400 meter. “Satu tim dayung sendiri terdiri 12 orang dengan 10 pendayung. Sementara dua orang lainnya bertugas sebagai pengendali arah dan penyemangat atau penabuh,’’ jelasnya.

Kabid Pengembangan Pariwisata Bantul Aria Nugrahadi, mengatakan penyelenggaraan ajang festival Perahu Naga ini memiliki banyak manfaat. Baik dari sisi pariwisata, budaya maupun olahraga prestasi. "Selain dapat menjadi daya tarik wisata. Ajang ini juga untuk meneguhkan budaya DIJ yang plural. Seni budaya tumbuh dan berkembang tanpa adanya gesekan. Sementara dari sisi olahraga, ajang ini juga dapat memacu dan menumbuhkan bibit atlet dayung,’’ ujarnya.

Salah seorang peserta Andri Bimantara dari klub Jangkar Muda Bantul berharap acara semacam ini dapat lebih diperbanyak untuk melatih dan mempersiapkan calon atlet. Tujuannya agar memiliki jam terbang serta mengukur kemampuan.

Sementara salah seorang warga yang ikut menonton Sujilah mengaku sengaja datang untuk melihat acara ini bersama keluarga. Ia mengaku cukup terhibur dengan acara yang jarang ditemui di DIJ ini. "Bagus sebagai alternatif tontonan saat liburan. Apalagi pelaksanaannya bersamaan dengan Festival Layang-layang di Parangkusumo,’’ jelasnya.

(rj/ong/ong/JPR)

Rekomendasi Untuk Anda

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia