Senin, 21 Aug 2017
radarbromo
Kraksaan

Duh, Jalan Antarkecamatan Sumber-Sukapura Rusak Parah

Sabtu, 12 Aug 2017 14:00 | editor : Muhammad Fahmi

TAK ADA PILIHAN: Pengendara motor melintas di jalan kabupaten di Desa Tukul, Kecamatan Sumber, Selasa (8/8).

TAK ADA PILIHAN: Pengendara motor melintas di jalan kabupaten di Desa Tukul, Kecamatan Sumber, Selasa (8/8). (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

SUMBER - Kondisi jalan penghubung antara Kecamatan Sumber dengan Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan warga. Maklum, jalan kabupaten sepanjang sekitar 20 kilometer ini memprihatinkan karena rusak parah.

Kerusakan jalan kabupaten ini mulai terlihat dari Desa Sumber, Desa Tukul, Desa Gemito, Kecamatan Sumber sampai Desa Pakel, Kecamatan Sukapura. Informasinya, dulunya jalan ini beraspal. Tapi, sudah sekitar empat tahun jalan ini tak pernah diperbaiki.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, Selasa (8/8), di ruas jalan ini hampir tak tampak adanya aspal. Yang ada hanya batu makadam, bahkan kembali murni jalan tanah. Aspal itu sudah mengelupas tak tersisa. Namun, di beberapa titik ada sedikit aspal yang masih kelihatan dan masih menempel.

Jalan sepanjang sekitar 20 kilometer ini semakin menantang karena kondisi jalan juga naik turun. Terutama, bagi pengendara motor. Jika tidak ekstra hati-hati, petaka bisa menimpa. Padahal, jalan ini selain akses utama warga sejumlah desa, juga merupakan jalan tembusan dari Kecamatan Sumber menuju Desa Pakel, Kecamatan Sukapura.

Salah seorang warga Desa Gemito, Hidayat, 30, mengatakan sudah hampir empat tahun jalan setempat tidak diperbaiki. Karenanya, kini kondisinya rusak parah. “Jelas dengan kondisi semacam ini tidak nyaman. Jalan seperti ini membahayakan. Tapi, mau bagaimana lagi? Walaupun tidak ada perbaikan, ya dilewati saja karena ini akses penting,” ujarnya.

Kepala Desa Gemito, Agung Priyo Pranoto mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, jalan kabupaten di desanya sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Karenanya, pihaknya berharap jalan itu segera diperbaiki dengan kelancaran akses transportasi warga.

“Jika kami diberikan kewenangan memperbaiki, akan kami anggarkan. Tapi, itu tidak mungkin karena jalan itu wewenang kabupaten,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Probolinggo, Prijono mengatakan, jalan itu merupakan jalan Antarkecamatan Sukapura dan Kecamatan Sumber. Melihat kerusakan itu, pihaknya juga tak tinggal diam. Tahun ini, pihaknya mengalokasikan dana untuk perbaikan sebagian jalan itu.

Tapi, anggaran perbaikian itu hanya untuk jalan sepanjang sekitar 1.630 meter dengan lebar 3,5 meter sampai 4 meter. Perbaikan ini, akan dimulai dari Desa Pakel, Kecamatan Sukapura. “Tahun ini, ada anggaran untuk peningkatan jalan. Ada anggaran Rp 1.453.500.000 untuk pembangunan jalan Sumber-Sukapura itu. Namun, tidak semuanya, kalau untuk semua anggarannya itu tidak cukup,” ujarnya.

(br/sid/mie/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia