Senin, 21 Aug 2017
radarbromo
Hukum & Kriminal

Serukan Dukungan Jangan Main Hakim Sendiri

Sabtu, 12 Aug 2017 06:55 | editor : Fandi Armanto

ANTUSIAS: Warga menandatangani baliho yang menyatakan mendukung aksi tak main hakim sendiri.

ANTUSIAS: Warga menandatangani baliho yang menyatakan mendukung aksi tak main hakim sendiri. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

PANDAAN - Insiden pembakaran warga di Kampung Muara Bakti, Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, terus mengundang perhatian publik. Jumat (11/8), puluhan warga menandatangani baliho imbauan stop main hakim sendiri di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.  

Baliho merah putih ini dipasang oleh Unit Lantas Polsek Pandaan, Polres Pasuruan. Baliho berukuran 2 meter kali 3 meter ini dipasang di sisi utara Poslantas Polsek Pandaan atau di seberang Masjid Muhammad Cheng Hoo, Pandaan. Tak ayal, baliho yang berada di tepi jalan nasional jurusan Surabaya-Malang, mendapat perhatian pengguna jalan.

Bahkan, sejumlah pengendara rela berhenti untuk menandatangani baliho bertuliskan #stop main hakim sendiri, itu. Selain meneken, ada sebagian warga yang juga menuangkan saran dan unek-uneknya. “Pemasangan baliho ini bagus sebagai imbauan dan seruan pada masyarakat. Bukan zamannya main hakim sendiri, sebaliknya serahkan penanganannya ke aparat penegak hukum,” ujar Hariyanto, warga Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, yang ikut membubuhkan tanda tangannya.

Dari pagi hingga sore sudah puluhan warga membubuhkan tanda tangannya. Rencananya, baliho ini akan dipasang akhir bulan ini. Di sana juga disediakan dua spidol bagi warga yang akan meneken. “Ini sengaja dipasang sebagai imbauan dan sosialisasi ke masyarakat untuk tidak main hakim sendiri. Indonesia negara hukum. Biar diproses oleh aparat penegak hukum di negeri ini,” ujar Kanit Lantas Polsek Pandaan AKP Akhmad Sukiyanto.

(br/zal/fun/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia