Kamis, 17 Aug 2017
radarbromo
Pandaan

Curam dan Menikung, Jalan Ini Perlu Guardrail

Sabtu, 12 Aug 2017 12:30 | editor : Fandi Armanto

RAWAN KECELAKAAN: Sebuah mobil melintas di Jalan Gajahrejo.

RAWAN KECELAKAAN: Sebuah mobil melintas di Jalan Gajahrejo. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

PRIGEN - Jalan Gajahrejo yang menghubungkan Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan dengan Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, di Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, dinilai membahayakan. Sebab, di jalan menikung ini ada jurang cukup dalam, sekitar 30 meter.

Mendapati itu sejumlah warga menilai jalan ini perlu dilengkapi dengan guardrail atau pagar pengaman. Tujuannya, mengantisipasi para pengendara yang rawan kebablas ke jurang di ujung tikungan. “Permukaan jalannya sudah bagus. Plengsengan jalan yang pernah longsor juga telah diperbaiki. Saat ini, perlu dipasang guardrail agar aman dan mengantisipasi kendaraan masuk jurang,” ujar Perangkat Desa Lumbangrejo, Munir.

Menurutnya, tak perlu semua tepi Jalan Gajahrejo, ini dipasangi guardrail. Tapi, cukup di titik-titik berbahaya. Terutama, di jalan menikung dan di ujung tikungan terdapat jurang. “Di jurang Ampel sudah ada guardrail-nya, tapi di sini belum. Keduanya sama-sama terdapat jurangnya. Kami berharap instansi terkait turun dan merealisasikannya,” ujarnya.

Mendapati keinginan warga ini, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan Heri Yitno mengaku, sudah berencana memasang guardrail di Jalan Gajahrejo ini. “Anggarannya saat ini belum ada dan kami upayakan melalui P-APBD 2017. Jika tidak bisa, akan diajukan tahun depan. Minimal dari sekarang sudah bisa dirancang,” ujarnya.

(br/zal/fun/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia