Jumat, 18 Aug 2017
radarbromo
Berita Daerah

Hore.... Pelabuhan Tanjung Tembaga Kini Dilengkapi Ponton

Jumat, 11 Aug 2017 14:40 | editor : Muhammad Fahmi

FASILITAS BARU: Ponton yang sepekan terakhir dipasang di pelabuhan Tanjung Tembaga.

FASILITAS BARU: Ponton yang sepekan terakhir dipasang di pelabuhan Tanjung Tembaga. (Zainal Arifin/ Radar Bromo)

MAYANGAN-Warga yang selama ini kerap memanfaatkan Pelabuhan Tanjung Tembaga untuk menyeberang ke pulau Gili Ketapang, sepekan ini agak terbantu untuk naik dan turun kapal. Sebab, di pelabuhan setempat kini telah dilengkapi ponton.

Yakni, sejenis kapal dengan lambung datar atau kotak besar yang mengapung. Ponton ini digunakan untuk mengangkut barang atau penumpang dan ditarik dengan kapal tunda atau digunakan untuk mengakomodasi pasang-surut seperti pada dermaga apung. 

Sederhananya, ponton merupakan alat penyeberangan yang digunakan untuk naik-turunya penumpang dan barang. Ponton di pelabuhan setempat dipasang sekitar sepekan lalu.

Astutik, 45, warga Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, mengaku sangat terbantu dengan adanya ponton itu. “Enak dikasi kayak gini (ponton), untuk naik-turun serta bawa barang dari kapal lebih mudah,” terang perempuan yang biasa ke Gili Ketapang untuk kulak ikan itu. 

Hal senada diungkapkan Muhammad Bebun, 45. Menurut warga Sumber Taman, Wonoasih, keberadaan ponton sangat dibutuhkan. Mengingat banyak kapal penyeberangan yang naik-turunkan penumpang dan barang. 

GM PT Pelindo III Probolinggo Dhany Racmad Agustian mengungkapkan, ponton itu sifatnya hanya sementara. Rencananya, pihaknya akan membuat ponton permanen untuk mempermudah naik dan turunnya penumpang atau untuk angkutan barang. 

“Mulai minggu lalu terpasang. Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan, sambil kami tata perlahan semua kapal, PKL, parkiran, dan ruang tunggu,” jelasnya.

Pihaknya mengungkapkan bahwa pelabuhan yang ada saat ini masih pelabuhan umum, bukan pelabuhan penyeberangan. Sehingga, pihaknya masih akan mengurus beberapa hal. Termasuk di dalamnya parkiran, PKL, dan ruang tunggu. (rpd)

(br/rpd/mie/JPR)

Rekomendasi Untuk Anda

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia