Rabu, 26 Jul 2017
radarbanyuwangi
Edukasi

Liburan Sekolah Diisi Latihan Angklung Caruk

Rabu, 12 Jul 2017 15:00 | editor : Ali Sodiqin

SERIUS: Para siswa SDN 1 Sukonatar, Kecamatan Srono, mengisi liburan sekolah dengan latihan angklung di sekolahnya.

SERIUS: Para siswa SDN 1 Sukonatar, Kecamatan Srono, mengisi liburan sekolah dengan latihan angklung di sekolahnya. (UPTD PENDIDIKAN SRONO FOR JPRG)

SRONO-SDN 1 Sukonatar, Kecamatan Srono, seolah tidak mau berhenti dalam berkreasi dan berprestasi. Untuk mengisi liburan panjang di akhir tahun ajaran 2016/2017, diisi dengan kegiatan ekstrakurikuler berupa latihan angklung caruk.
Dalam latihan angklung caruk ini upaya untuk memantapkan ketrampilan menabuh, menari, dan menyanyi para personel. Personil angklung caruk tampak kompak, ada Bintang sebagai pengendang, Satriya untuk pantus, Ovang, Valen, Rangga, Rajes, Rizal, dan Olip sebagai penabuh Saron dan peking.
Penabuh angklung Robert dan Wisnu, Andika sebagai penabuh gong, Rama penabuh kethuk, dan badutnya Hanik, tampak lincah membawakan tarian dengan diiringi suara Cici sebagai sinden, membuat suasana latihan di aula UPTD Pendidikan Srono terasa lebih hikmat. “Kita latihan terus mesti libur sekolah, biar banyak gending yang dikuasai,” cetus Mulyadi, pelatih yang juga komite SDN 1 Sikonatar.
Kepala SDN 1 Sukonatar, Kecamatan Srono, Hj. Titik Nurhayati, mengaku banyak terima kasih pada komite sekolah yang mendukung dan membantu penuh kegiatan sekolah demi mengembangkan bakat seni para siswa. “Dukungan dari komite sekolah sangat membantu sekali,” katanya.
Kepala UPTD Pendidikan Srono, Nurhamim, mengatakan angklung caruk ini seni budaya Banyuwangi yang hampir punah. Makanya, ini perlu dilestarikan. “Saya sampaikan terima kasih pada Pemkab Banyuwangi yang telah mengagendakan Festival Angklung Caruk, sehingga bakat minat anak dapat tersalurkan,” cetusnya. (abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia