Sabtu, 22 Jul 2017
radarbanyuwangi
Kesehatan

Rekreasi Ternyata Bisa Mengembalikan Kondisi dan Mood si Buah Hati

Rabu, 12 Jul 2017 10:00 | editor : Ali Sodiqin

Agar tidak stres, anak juga bisa diajak mengisi liburan dengan ragam permainan menarik maupun pergi ke tempat-tempat wisata.

Agar tidak stres, anak juga bisa diajak mengisi liburan dengan ragam permainan menarik maupun pergi ke tempat-tempat wisata. (Ali Sodiqin/raba)

BANYUWANGI – Momen liburan bisa menjadi saat yang paling ditunggu buah hati. Selepas mengikuti rutinitas sekolah dan pendidikan ekstra sekolah tidak ada salahnya bila liburan merupakan waktu paling pas untuk mengembalikan kondisi dan mood anak.

Sayangnya, tidak semua anggota keluarga bisa mengisi liburan secara bersama-sama. Waktu liburan kadang tidak sejalan dengan jadwal pekerjaan orang tua. Namun untuk mengatasinya diperlukan komunikasi orang tua dengan anak. Dan mengisi liburan tidak identik dengan pelesir. “Liburan bisa juga dengan menciptakan kegiatan di rumah,” ujar Khalid, Kepala Puskemas Licin.

Menonton film, olahraga, hingga berkebun menjadi pilihan pengisi liburan yang seru. Ada sisi edukasi yang bisa diperoleh dari liburan anak. Ajak anak untuk senantiasa berdiskusi dan menilai atas kegiatan yang telah dilakukannya.

Sisi lain, anak juga bisa diajak untuk mengisi liburan dengan ragam permainan menarik. Usahakan anak untuk bermain bersama teman di tanah terbuka. Di sini ada sisi sosial, edukasi, dan motorik yang bisa diambil.

Kalau pun harus bepergian ke luar kota atau lokasi rekreasi. Khalid menyarankan untuk bisa membagi waktu dengan orang tua. Artinya kesempatan anak berlibur terpenuhi. Di sisi lain, tugas dan tanggung jawab orang tua dalam mencari nafkah tidak terabaikan. Lebih baik bila direncanakan dengan mengambil cuti. (nic/bay)

(bw/nic/als/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia