JawaPos Radar

Ribuan CJH Bojonegoro Jalani Manasik Haji Massal

12/07/2018, 04:10 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Manasik Haji
1.345 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) saat menjalani manasik haji massal di Gedung Olah Raga (GOR) Dabonsia, Kecamatan Dander, Bojonegoro.  (Yudi Handoyo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebanyak 1.345 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) menjalani manasik haji massal di Gedung Olah Raga (GOR) Dabonsia, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Rabu (11/7). Manasik sendiri ditujukan agar para jemaah tidak kebingungan saat melaksanakan ibadah haji.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Bojonegoro, M. Syamsuri mengatakan, manasik dilakukan selama dua hari. Pihaknya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta CJH Bojonegoro yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini, karena dari sekian banyak yang mendaftar, tidak semua yang bisa segera diberangkatkan. 

"Dari sekian banyak masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji, belum semua mendapat kesempatan, karena adanya pembatasan kuota. Kami berharap, seluruh CJH Bojonegoro dapat menunaikan ibadah haji dengan baik tanpa hambatan dan pulang sebagai haji yang mabrur," kata Syamsuri, di Bojonegoro, Rabu (11/7).

Dia mengatakan, pihaknya bersama jajaran Kemenag Bojonegoro telah memberikan pembinaan dan bimbingan manasik haji kepada peserta CJH. Selain itu, saat pelaksanaan manasik pihaknya juga memonitor langsung, supaya tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan haji nantinya.

Sementara untuk hari ini, pihaknya memfokuskan melakukan praktek tata cara praktek beribadah haji, mulai memakai baju ihram, tata cara tawaf hingga melakukan sai. "Hanya mematangkan persiapan CJH mulai dari pemberangkatan hingga tiba ke tanah suci. Dan tata cara syarat dan rukun haji," terangnya. 

Praktek kali ini dipimpin langsung oleh ketua kloter masing-masing. Sehingga, apabila ada kendala saat berada di tanah suci, para jemaah tidak perlu risau, karena sudah tahu apa yang harus dilakukan. "Manasik ini sangat bermanfaat, sebab peserta bisa tahu apa saja yang dilakukan saat berada di Makah maupun Madinah," ujar Mashadi, salah satu peserta CJH.

Sekedar informasi, dari jumlah 1.345 peserta CJH yang akan diberangkat ke tanah suci, terbagi menjadi 3 kloter. Yakni kloter 39,40 dan 41. Adapun untuk pemberangkatan kloter pertama dimulai pada 29 Juli 2018 sekira pukul 13.00 WIB. Titik kumpul di Pendopo Malowopati Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up