JawaPos Radar

Marak Pendaftar SKTM, Pengumuman PPDB SMA/SMK Molor

12/07/2018, 04:35 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Marak Pendaftar SKTM, Pengumuman PPDB SMA/SMK Molor
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kantor Disidikbud, Rabu (11/7). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan mengumumkan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri hari ini, Rabu (11/5) malam, tepatnya sebelum pukul 23.55 WIB. Jadwal ini diketahui molor lantaran banyaknya peserta didik mendaftar menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pengumuman hasil PPDB SMA/SMK negeri sedianya dilakukan pagi tadi. Akan tetapi, saking banyaknya pengguna SKTM, membuat proses verifikasi berjalan cukup lama.

"Kawan-kawan masih kami minta untuk bekerja, sambil saya melakukan receking di beberapa daerah khususnya soal SKTM kita koreksi satu persatu. Di Pemalang diverifikasi satu persatu. Mereka dua hari bekerja tak tidur," katanya saat dijumpai di Kantor Disdikibud Jateng, Rabu (11/7).

Ganjar menyebut bahkan di sejumlah daerah, beberapa anggota OSIS juga dilibatkan untuk melakukan pengecekan bagian dari proses verifikasi SKTM. Oleh karenanya, Politisi PDIP itu meminta seluruh masyarakat untuk bersabar dan menunggu.

"Dan nanti kalau ada yang dihapus, nama-nama di bawahnya akan naik. Jadi di pengumuman nanti masyarakat yang namanya sempat hilang, pantau terus sampai nanti malam," sambungnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, hingga hari ini jumlah peserta didik pengguna SKTM yang dicoret telah mencapai 78.406 siswa. Baik dari SMA maupun SMK. Sedangkan untuk yang diterima per pukul 17.00 wib tadi berjumlah 148.854 siswa.

Ia menyebut bahkan hingga detik ini, kecurigaan dan laporan dugaan penyalahgunaan SKTM masih terus bertambah. Ganjar meminta seluruhnya untuk dirampungkan verifikasinya malam ini juga. "Mungkin beberapa jam ini kalau kita temukan (jumlah penyalahguna) ini masih akan bertambah lagi," tandasnya. 

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up