Senin, 21 Aug 2017
radarbali
Bisnis

Universitas Udayana Tingkatkan Kepedulian Terhadap Burung

2017-05-11 16:30:00

Universitas Udayana Tingkatkan Kepedulian Terhadap Burung

ANNUAL: Civitas Prodi Biologi, FMIPA Unud secara rutin menggelar WMBD. (Istimewa)

RadarBali.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Udayana (Unud) menggelar serangkaian kegiatan memperingati Hari Migrasi Burung Dunia atau World Migratory Bird Day (WMBD) tahun 2017.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Prodi Biologi FMIPA Unud I Ketut Ginantra di kampus Unud Jimbaran ini, berlangsung melalui dua sesi, yakni kuliah umum dan pengamatan burung bersama di Pulau Serangan pada 6-7 Mei lalu.

Materi yang dibahas dalam kuliah yang terbuka untuk umum tersebut meliputi kajian ekologis migrasi burung oleh Eswaryanti K Yuni dari Prodi Biologi FMIPA dan Frank Wiliams dari Museum Patung Burung Unud.

Dilanjutkan dengan pembahasan mengenai teknik pengamatan burung oleh Ni Nyoman Sumarlita dan M. Saifudin dari Kelompok Pengamat Burung Kokokan Bali dan Fotografi sebagai alat bantu dalam mempelajari satwa liar oleh Yuyun Yanwar dari Kelompok Penggemar Fotografi Satwa Liar Satwa Alam Bali.

Menurut Eswaryanti K Yuni, Indonesia kedatangan tamu ribuan burung baik jenis burung lahan basah maupun jenis burung pemangsa setiap tahunnya.

Dalam perjalanannya dari belahan bumi utara menuju belahan bumi selatan, burung datang sebanyak dua kali dalam setiap tahun yaitu pada sekitar bulan April-Mei dan September-Oktober.

Hal ini dikarenakan Indonesia, termasuk pulau Bali merupakan bagian dari salah satu jalur lintasan migrasi burung dunia yaitu The East Asia Australia Flyway.

Kegiatan yang dilaksanakan di berbagai negara di seluruh dunia ini, pertama kali diinisiasi pada tahun 2006 silam. Di Indonesia, terdapat delapan lembaga yang berpartisipasi termasuk kampus Unud untuk di Bali.

“Kegitan WMBD tahun 2017 ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya melestarikan burung dan habitatnya,” tutur Ketua Panitia penyelenggara WMBD Gina Puspita.

Sekitar 100 orang partisipan yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum, terutama dari kelompok yang memiliki ketertarikan terhadap kelestarian lingkungan turut serta dalam kegiatan WMBD ini. (adv/tir/yog)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia