Senin, 21 Aug 2017
radarbali
Politik

ORI dan Polisi Ikut Investigasi Rekrutmen Tenaga Kontrak RS BM

2017-04-23 06:30:00

ORI dan Polisi Ikut Investigasi Rekrutmen Tenaga Kontrak RS BM

Umar Ibnu Al-Khatab, Kepala ORI Bali (dok Radar Bali)

RadarBali.com – Proses penyelidikan dugaan kecurangan seleksi tenaga kontrak RS Bali Mandara (RS BM) semakin menarik. Setelah DPRD Bali membentuk pansus, saat ini Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan Bali gencar melakukan investigasi. Bahkan, pihak kepolisian juga dikabarkan ikut turun tangan.

Hal itu diungkapkan Kepala ORI Bali, Umar Ibnu Al-Khatab. Kepada Jawa Pos Radar Bali, Umar menegaskan sudah ada empat pengaduan masuk ke ORI. Empat laporan tersebut kini telah didalami.

“Kami masih mendalami substansi laporan. Data yang masuk kami kaji,” terang Umar dikonfirmasi kemarin (22/4).

Dijelaskan Umar, ORI akan mengawal proses penyelesaian masalah rekrutmen tenaga kontrak hingga tuntas. Namun demikian, ORI harus koordinasi dengan DPRD Bali yang juga membentuk posko.

Menurutnya tidak semua aduan bisa ditindaklanjuti. “Kami punya aturan, jika sudah melapor ke lembaga lain tidak bisa ditindaklanjuti. Tapi, jika hasil koordinasi bisa sejalan, kami akan tindaklanjuti,” tukasnya.

Pertemuan dengan dewan direncanakan dalam waktu dekat. ORI akan berbagi informasi dan data dengan dewan. Umar meminta peserta yang merasa dirugikan supaya datang melapor.

“Kalau takut melapor ke dewan, silakan datang ke Ombudsman. Kami jamin identitas dirahasiakan,” tegas Umar.

Menurut Umar, masih banyak orang yang sejatinya ingin melaporkan diri. Tapi tidak ada keberanian melapor.

ORI pun membuka pintu lebar pada pihak yang merasa dirugikan seleksi rumah sakit pelat merah milik Pemprov Bali itu.

Pria asal NTT itu mengimbau pelapor datang melengkapi bukti. Misal merasa sudah mengikuti proses maksimal, mendapat nilai terbaik tapi tidak lolos.

Bahkan, jika ada yang sudah merasa dimintai uang tapi tidak lolos juga diminta membawa bukti. “Bukti yang ada akan kami gunakan untuk pendalaman,” tandasnya. (san/dot) 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia