Minggu, 20 Aug 2017
radarbali
Industri

Inovasi Finansial lewat Pengembangan Teknologi dari OJK

2017-04-19 13:00:00

Inovasi Finansial lewat Pengembangan Teknologi dari OJK

DORONG PEREKONOMIAN: Direktur Pengawasan OJK Bali-Nusra Nasriwan (kiri) didampingi Pimpinan BNI kantor wilayah Bali Putu B Krisna, kemarin. (Zulfika Rahman/Radar Bali)

RadarBali.com - Sektor finansial memiliki peran penting dalam meningkatkan suatu perkembangan perekonomian negara, dengan peningkatan kompetensi dan pengetahuan di bidang pengembangan finansial ini para pelaku usaha diharapkan mampu menghadirkan proses keuangan yang lebih praktis.

Salah satunya melalui financial teknologi yang mengacu pada inovasi finansial dengan teknologi modern.

Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) regional VIII Bali Nusa Tenggara menggelar Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan lewat seminar yang bertajuk Financial Technology (Fintech) di Gedung Bank Indonesia, Denpasar pada Selasa kemarin (18/4).

Direktur Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional VIII Bali Nusa Tenggara Nasriwan mengungkapkan, saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat.

Hampir dari beberapa kegiatan saat ini menggunakan teknologi. Untuk itu, trend finansial yang saat ini tengah mengalami perkembangan juga turut dibarengi dengan perkembangan teknologi.

 “Dengan konsep penerapan teknologi pada finansial ini diharapkan memberikan dampak positif dalam proses inovasi yang lebih modern,” ujarnya kepada awak media.

Nasriwan menjelaskan, beberapa klasifikasi yang dikatakan dari finansial teknologi ini, seperti proses transaksi pembayaran, peminjaman uang secara peer to peer atau proses transaksi lainnya yang menggunakan teknologi informasi.

“Kami harap pelaku jasa keuangan mampu merangkul pelaku Fintech untuk bisa meningkatkan jangkauan jasa kepada masyarakat,” tuturnya.

Pihaknya berharap, melalui seminar ini mampu memberi efek positif atau dorongan untuk meningkatkan tingkat perekonomian sekaligus mampu merangkul setiap elemen masyarakat untuk dapat menyikapi uangnya dengan bijak.

Sementara itu di tempat sama, Pimpinan BNI Kantor Wilayah Bali Putu B Krisna selaku pengurus Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan (FKLJK) Bali yang membawahi bidang edukasi dalam hal ini penyelenggara acara tersebut mengatakan, fintech ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia perbankan.

Pasalnya, fintech tersebut kini sudah merambah di hampir semua lini kegiatan perbankan. “Saat ini perkembangan teknologi sudah mewabah ke semua kalangan, jadi fintech ini juga harus disikapi dengan sigap agar sektor perbankan tidak tertinggal,” pungkasnya.(zul/han)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia