Rabu, 23 Aug 2017
radarbali
Industri

71 Kapal Pesiar Akan Berlabuh di Benoa

Naik Dibanding Tahun 2016 Lalu 48 Kapal

2017-04-15 12:20:00

71 Kapal Pesiar Akan Berlabuh di Benoa

Ilustrasi (dok. RadarBali)

RadarBali.com – Sebanyak 71 kapal pesiar akan berlabuh mengunjungi Bali di tahun 2017 ini. Kondisi ini mengalami peningkatan drastis jika dibanding tahun 2016 yang hanya terdapat 48 kapal saja.

Bahkan, bulan Maret yang menjadi bulan paling ramai justru kini terlihat di beberapa bulan lainnya yang mengalami peningkatan tingkat kunjungan.

Siti Juairiah selaku Humas PT Pelindo III cabang Benoa pada Jumat kemarin (14/4) mengatakan, jumlah penumpang untuk bulan Januari hingga 23 Maret ini mencapai 2.000 penumpang.

Sedangkan untuk tahun sebelumnya, di bulan yang sama mencapai 1.600 penumpang saja.

“Ada peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya. Biasanya satu kapal itu bersandar atau berlabuh hingga dua sampai tiga hari lamanya. Masing-masing kapal beda-beda,” jelasnya.

Disinggung mengenai faktor yang mempengaruhi peningkatan kunjungan jumlah kapal pesiar? Perempuan yang akrab disapa Jojo, ini mengatakan, menurunnya tingkat kunjungan di tahun 2016 lalu, lantaran dampak dari kejadian bom sarinah serta besarnya kapal yang masuk ke pelabuhan Benoa.

 “Jadi bukan dampak di Bali saja, tapi Indonesia. Bom Sarinah karena faktor keamanan sangat menjadi faktor rendahnya kunjungan,” tutur Jojo.

Sementara itu, disinggung biaya sandar kapal, ia tidak merinci pasalnya nilai parkir kapal tergantung besarnya kapal dan variabel dari berbagai item.

Untuk satu kapal, setiap kali menyandar paling kecil mengeluarkan biaya Rp 200 juta belum termasuk parkir.

 “Karena mengisi bahan bakar, stok makanan dan lainnya. Putaran uang ketika kapal nyandar itu gede. Belum lagi tamunya yang ingin berbelanja dan berkunjung ke tempat wisata. Masyarakat sangat diuntungkan dengan itu,” pungkasnya. (zul/han)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia