Sabtu, 19 Aug 2017
radarbali
Produk

Hari Raya, Pertamina Tambah Suplai Elpiji 3 Kg

2017-04-04 17:20:00

Hari Raya, Pertamina Tambah Suplai Elpiji 3 Kg

STOK EKSTRA: Pertamina menambah suplai elpiji 3 kg sebesar 5 persen, untuk hari Raya Galungan kali ini. (Adrian Suwanto/Radar Bali)

RadarBali.com – Menjelang hari raya Galungan yang jatuh pada Rabu (5/4) besok, membuat tingkat kebutuhan memasak semakin meningkat. Untuk itu, secara otomatis, penggunaan bahan bakar gas elpiji untuk memasak yang seperti biasanya juga mengalami peningkatan.

Kondisi peningkatan ini membuat Pertamina melakukan upaya penambahan suplai elpiji 3 kg yang paling banyak digunakan masyarakat ditambah hingga 5 persen.

Marketing Branch Manager Pertamina Bali and NTB I Ketut Permadi Arya Kuumara mengatakan, jika penambahan suplai elpiji 3 kg ini merupakan yang tertinggi jika dibanding tahun sebelumnya.

Pasalnya perayaan hari keagamaan dari perayaan Nyepi, Galungan hingga Kuningan nanti terus beruntun.

“Tiap tahun selalu kami tambah suplainya jika ada hari-hari besar keagamaan. Karena kebutuhan memasak pastinya akan meningkat,” ujarnya Senin (3/4) kemarin.

Lebih lanjut Kuumara menjelaskan, jika hari normal biasa, konsumsi elpiji 3 kg dalam satu hari mencapai 500 metrik ton atau setara dengan 50.000 kg.

Namun saat ini, peningkatan dilakukan untuk memenuhi permintaan masyarakat.

“Jumlahnya memang cukup besar saat ini. tapi kalau di rata-rata satu tahunnya sama saja ya. Yang terpenting adalah, kuota tiap tahunnya subsidi terpenuhi,” jelasnya.

Dari pantauan yang dilakukan pihak Pertamina sendiri, untuk harga elpiji 3 kg di pasaran masih terbilang normal.

Harga tertinggi yang terjadi berada di kisaran Rp 20 ribu, harga ini naik dari hari biasanya yakni Rp 18 ribu.

“Kalau masih harga Rp 20 ribu masih normal, tapi kalai sudah lebih dari itu, sudah tidak normal. Untungnya kami tidak temukan harga di atas Rp 20 ribu. Makanya kami siasati dengan menggelar pasar murah beberapa waktu lalu bekerja saja dengan pemerintah daerah,” pungkasnya.(zul/han)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia