Minggu, 20 Aug 2017
radarbali
Hangout

Ngayah ring Monumen Perjuangan Bersama Jawa Pos Radar Jembrana

2017-03-09 14:00:00

Ngayah ring Monumen Perjuangan Bersama Jawa Pos Radar Jembrana

SAKSI MELAWAN TENTARA BELANDA:Monumen Candikusuma di Desa Candikusuma, Melaya. (M. Basir/Radar Bali)

RadarBali.com – Salah satu sasaran program Ngayah ring Monumen Perjuangan Bersama Jawa Pos Radar Jembrana adalah Monumen Candikusuma di Desa Candikusuma, Melaya.

Bangunan ini dibuat untuk mengenang pertempuran pasukan Markadi melawan tentara Belanda (membonceng NICA) pada 1946 lalu.

Tetenger di utara jalan Gilimanuk-Denpasar ini, kondisinya kurang terawat. Catnya kusam, dan sekitarnya ditumbuhi rumput liar yang tinggi.

’’Kami siap mendukung kegiatan Ngayah ring Monumen Perjuangan Bersama Jawa Pos Radar Jembrana,’’ kata Kepala Dinas (Kadis) Sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana Wayan Gorim saat koordinasi acara dengan Jawa Pos Radar Jembrana, kemarin (8/3). 

Aksi bersih-bersih 15 monumen (juga makam pahlawan) di Jembrana ini akan start pada Minggu, 26 Maret mendatang.

Mulai Monumen Gelar di Batuagung dan finish pada 13 Agustus nanti di Taman Makam Pahlawan Kesatria Kusuma Mandala.

Monumen Candikusuma masuk jadwal pada Minggu, 4 Juni mendatang.

Beberapa pihak yang siap ambil bagian; Batalyon Mekanis Infanteri Yonif 741/Garuda Nusantara, Kodim 1617/Jembrana, Polres Jembrana, Pemkab Jembrana (Dinas Sosial Jembrana, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata), DPRD Jembrana, dan Banser (Ansor NU Jembrana).

Dan pembaca yang budiman, bila ingin berdonasi, bisa via e-mail [email protected], SMS ke 081 2380 93921, atau datang langsung ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Jembrana di barat Twin Towers. Yakni di Jalan Jenderal Sudirman Gang Wiradanta No. 4 Negara. (bas/djo

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia