Rabu, 23 Aug 2017
radarbali
Bali Utama

Meski Terkendala Bencana Alam, KPU Pastikan Logistik Sampai TPS

2017-02-15 06:30:00

Meski Terkendala Bencana Alam, KPU Pastikan Logistik Sampai TPS

SUPLAI LOGISTIK: KPU Buleleng mendistribusikan logistik ke TPS 2 Desa Galungan yang TPS-nya terkena dampak bencana kemarin. (Eka Prasetya/Radar Bali)

RadarBali.com - Distribusi logistik Pilkada Buleleng 2017 dijamin sampai di tempat pemungutan suara (TPS) kemarin (14/2).

Meski terkendala bencana, KPU Buleleng memastikan seluruh logistik sudah ada di TPS, sebelum menginjak hari Rabu (15/2) pukul 00.00. Seluruh upaya akan dilakukan agar logistik bisa sampai ke TPS dengan aman.

Sejauh ini kendala pengiriman logistik hanya berlangsung di Kecamatan Sawan. Tepatnya pengiriman logistik untuk TPS 2 Desa Galungan.

Tempat pemungutan suara ini ada di Banjar Dinas Dajan Pangkung. Jarak TPS ini dengan jembatan yang putus, tak sampai 10 meter.

Bahkan, fondasi balai banjar dinas yang digunakan sebagai lokasi TPS, sempat tergerus banjir bandang.

Meski tergerus, balai banjar dinas tetap difungsikan sebagai TPS. Selain itu, Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) juga memasang terpal di depan balai banjar, agar calon pemilih tak sampai kepanasan atau kehujanan.

Di TPS 2 Desa Galungan tercatat ada 572 warga yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari ratusan warga itu, lebih dari separonya tinggal di seberang sungai. Posisi TPS dengan permukiman warga memang dipisahkan dengan sungai, dan jembatan penghubung sudah amblas diterjang bandang.

Jembatan darurat pun telah diupayakan pemerintah desa setempat, agar warga bisa nyoblos. “Kami kerjakan sampai malam, biar besok masyarakat bisa nyoblos,” kata Perbekel Galungan Gede Haryono.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Galungan Made Siara mengatakan, sebenarnya ada tiga TPS di Desa Galungan.

TPS 1 Desa Galungan ada di wantilan desa, TPS 2 Desa Galungan di Balai Banjar Dinas Dajan Pangkung, dan TPS 3 ada di Balai Banjar Dinas Bingin. Dari tiga lokasi itu, hanya TPS 2 Desa Galungan saja yang sulit diakses.

Logistik surat suara sendiri sudah sampai di kantor perbekel Galungan pada siang kemarin. Hanya saja logistik belum bisa dikirim ke TPS, karena terkendala medan. Selain itu, TPS juga belum selesai dibangun.

Meski demikian PPS Galungan menjamin logistik akan sampai di TPS sebelum pukul 00.00. “Logistik hari ini harus dibawa ke TPS. Rencananya kami akan pakai sepeda motor, dan akan dibantu pengawalan dari polisi dan linmas. Kalau pakai mobil, medannya juga sangat sulit. Pokoknya hari ini logistik sampai di sana, pukul 23.00 pun TPS selesai. Pokoknya sebelum pukul 00.00,” tegas Siara.

Komisioner Divisi Logistik dan Rumah Tangga KPU Buleleng Luh Putu Sri Widyastini mengungkapkan KPU Buleleng sudah berkoordinasi dengan lembaga ad hoc penyelenggara di tingkat kecamatan hingga desa untuk distribusi logistik.

Luh Putu menegaskan, seluruh logistik sudah harus sampai di TPS kemarin, dan siap digunakan pada Rabu pagi.

“Jadi hari ini (kemarin, Red) harus tuntas. Kalau memang TPS belum siap, bisa dititipkan di kantor desa dulu. Tapi, pada prinsipnya besok sudah harus sampai TPS. Kami juga sudah koordinasi dengan kepolisian. Nanti setiap satu kotak dikawal satu orang polisi,” kata Luh Putu. (eps/mus)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia