Minggu, 20 Aug 2017
radarbali
Basket

Merpati Bali Optimis Tanpa Dua Pemain

2017-01-29 09:30:00

Merpati Bali Optimis Tanpa Dua Pemain

DRAWING : Perwakilan tim basket SMA putra peserta Jawa Pos Radar Bali Student League saat technical meeting dan drawing di GOR Merpati kemarin (28/1). (Alit Binawan/Radar Bali)

RadarBali.com – Jelang bergulirnya Merpati Bali Women Basketball Challenge feat Jawa Pos Radar Bali Student Basketball League, tim tuan rumah Merpati Bali dipastikan tidak bisa tampil dengan kekuatan terbaiknya.

Dua pemainnya, Paulin Clara Ananta dan Yusranie Noory Assi Palma sudah dipastikan absen.

Clara absen lantaran menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sedangkan Rani Palma mengalami cedera engkel sebelum bertolak ke Bali.

Menurut Pelatih Kepala Merpati Bali Bambang Asdianto Pribadi kemarin (28/1) mengatakan, pebasket yang juga Miss Indonesia Jakarta tahun 2016 ini mendapatkan cedera engkel setelah memperkuat DKI Jakarta. “Waktu bela DKI minggu lalu, dia cedera engkel,” terangnya.

Pria yang juga menjadi Asisten Pelatih Tim Basket Putri SEA Games 2017 ini mengakui, jika absennya dua punggawa Merpati Bali memang sedikit mengurangi kekuatan tim.

“Memang mengurangi kekuatan sih. Tapi apa pun itu, mereka sudah berusaha jadi yang terbaik. Karena mereka sudah mengerti satu sama lain,” terangnya.

Selain absennya dua pemain tersebut, disebutkan jika salah seorang pemainnya juga belum bisa mengikuti latihan sejak awal. Dia adalah Regita Pramesti.

“Tata (Regita, Red) masih kuliah di UPH dan belum bisa hadir. Nanti mungkin 1 Februari baru bisa bergabung kembali bersama tim di Bali,” terang pelatih yang biasa disapa coach Bing ini.

Coach Bing menambahkan, materi latihan yang kurang dari enam hari ini wajib difokuskan pada perbaikan-perbaikan secara menyeluruh.

Maintain saja sifatnya. Ada perbaikan-perbaikan dari latihan yang diterapkan waktu di Jakarta,” ujar mantan pelatih Tim Basket Putri SEA Games 2015 ini.

Sementara itu dari sisi pemain, Helena Maria Elizabeth Tumbelaka mengaku sedih dengan absennya dua kompatriotnya di Merpati Bali.

“Kalau saya pribadi pastinya sedih ya. Karena mereka (Rani dan Clara, red) tidak bisa ikut membela Merpati di turnamen kali ini,” terangnya.

Namun, pebasket berusia 25 tahun ini mengungkapkan, para pemain Merpati Bali tidak bisa hanya fokus pada yang absen saja.

“Kami harus fokus dengan pemain yang ada di sini (Bali, red) dan percaya dengan kekuatan yang ada. Kami juga harus yakin dan percaya dengan teman-teman,” ungkap Helena.

“Juga bukan soal siapa lawannya. Tetapi sebagai satu tim bisa bersatu, dan walaupun dua orang tidak bisa ikut, para pemain yang ada kalau bisa menyatu dan saling mendukung, pasti akan mendapat hasil yang maksimal,” imbuh Helena.

Sementara itu sore kemarin, juga dilangsungkan technical meeting (TM) dan drawing pembagian pool Jawa Pos Radar Bali Student League 2017 di GOR Merpati.

Ada beberapa peraturan yang wajib ditaati masing-masing tim. Menurut Ketua Panitia Merpati Bali Women Basketball Challenge 2017 Risdianto Roeslan, masih ada beberapa peraturan DBL yang akan diterapkan kali ini.

“Misalnya respect the game. Tim yang sudah unggul 30 poin atau lebih pada kuarter keempat, tidak boleh bermain full court man to man. Lalu dua menit terakhir di kuarter keempat, tim yang unggul 30 poin atau lebih tidak boleh meminta time out,” bebernya.

Selain itu, satu tim bisa membawa 14 pemain dan tiga ofisial dalam setiap pertandingan.

Bukan itu saja, tim yang masuk partai final DBL tahun lalu, yakni SMAN 1 Denpasar (Smansa) dan SMAN 2 Denpasar (Resman) terpisah seeded, dan otomatis berada di pool berbeda.

Tak hanya itu, dalam setiap pertandingan juga akan menerapkan metode baru, yakni penggunaan statistik.

“Ini untuk pertama kali. Kami ingin ada warna baru, dan tiap tim bisa melihat hasil pertandingan mereka,” bebernya.

Selanjutnya, masing-masing juara pool akan bertemu dengan runner up pool lainnya, dan sebaliknya.

Selain itu, pelatih masing-masing tim harus memiliki lisensi kepelatihan. “Ini pesan dari Perbasi Bali. Ini juga upaya membantu teman-teman,” pungkasnya. (lit/wid)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia