Rabu, 23 Aug 2017
radarbali
Hiburan Budaya

Bapang Barong dari Generasi Muda

2017-01-22 16:30:00

Bapang Barong dari Generasi Muda

LOMBA BARONG: Karang teruna se kota Denpasar menampilkan tarian barong saat mengikuti lomba Festival Budaya di Taman Kota Lumintang, Jumat (20/1). (Adrian Suwanto/Radar Bali)

RadarBali.com - KARANG taruna se kota Denpasar kompak mengadakan lomba Festival Budaya, Jumat (19/1).

Festival ini sekaligus memperingati HUT Kota Denpasar ke 299.

Kegiatan yang digelar di Taman Kota Lumintang, itu dibuka Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra ditandai dengan bapang (menarikan tapel) barong.

Rai Mantra mengapresiasi festival budaya yang diselenggarakan Karang Taruna Kota Denpasar.

"Ini merupakan budaya adi luhung yang harus terus dijaga. Generasi muda menjadi tonggak penerus kebudayaan yang kita miliki," ujarnya.

Festival budaya kali ini dikhususkan dengan lomba Bapang Barong Ket, yang merupakan sebuah kesadaran penguatan, pelestarian dikalangan pemuda yang saat ini terlihat antusias mengikuti kegiatan seperti Bapang Barong.

Kegiatan ini diharapkan kedepannya bisa terus ditingkatkan untuk memperkuat konsep pembangunan berwawasan budaya di Kota Denpasar.

Ketua Karang Taruna Kota Denpasar Ketut Ngurah Ariawan, mengatakan generasi muda adalah generasi yang cinta seni budaya dan tradisi di Bali.

"Kegiatan kali ini diikuti oleh 32 sekaa yang terdiri dari masing-masing kecamatan yang ada di Denpasar. Pelaksanaannya dibagi dalam dua hari yakni pada Jumat lalu sebanyak 16 sekaa yang tampil dan Sabtu (21/1) kemarin terdapat 16 sekaa yang tampil," jelasnya.

Selain lomba barong, dalam festival tersebut juga diramaikan dengan stand-stand ekonomi kreatif seperti pakian endek, kuliner khas Bali, pernak-pernik hasil kerajinan anak muda Denpasar serta hiburan musik. (zul/dot)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia