Rabu, 23 Aug 2017
radarbali
Niskala

Ini Keunikan Pura Prajepati Berbentuk Candi yang Perlu Anda Tahu

2016-11-17 21:30:00

Ini Keunikan Pura Prajepati Berbentuk Candi yang Perlu Anda Tahu

Pura Prajapati, Sampalan, Nusa Penida (Istimewa)

RadarBali.com - Setiap pura di Bali memiliki karistik khas seperti Pura Dalem Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul.

Komplek Pura Dalem tersebut memiliki Pura Prajepati. Hal yang unik dan berbeda pada umumnya di Bali, Pura Prajepati berbentuk candi ala Jawa.

Biasanya candi yang ditemui di Jawa, sampai sejauh ini belum bisa diungkap keberadaan Pura Prajepati berbentuk candi.

Kemegahan arsitektur Pura Dalem sendiri terlihat mencolok saat memasuki pelabuhan tradisional Sampalan.

Ornamen dan relief pura megah berbagai hiasan menghiasi pura. Ditengah areal pura terdapat patung jagurmanik dan empat patung di depan pura.

Jagurmanik bertugas sebagai mencatat perbuatan manusia saat masih hidup. Layak candi di Jawa, ditengah candi terdapat patung Dewi Durga. Taksu patung tersebut memancarkan aura spiritual.

Menurut Bendesa Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul I Dewa Ketut Tayanegara, Pura Prajepati dibangun oleh seniman andal dari Banjar Batununggul alm I Dewa Gede Purwa.

Proses pembangunan sendiri diilhami dari sebuah wahyu. “Beliau adalah salah satu seniman multi talenta yang dimiliki Nusa Penida, kekuatan spiritual menjadi karya tersebut metaksu,” katanya.

Sampai sejauh ini belum jelas kapan Pura Prajepati dibangun. Dewa Tayanegara mengatakan, pura tersebut sudah menjadi warisan dari generasi ke generasi.

Tutur para pelingsir, alm Dewa Purwa juga membuat candi bentar di Pura Batumedawu. Arsitektur hampir mirip dengan Pura Prajepati.

Menjulang dengan ketinggian 17 meter, pura tersebut sangat terlihat jelas di Lapangan umum Sampalan.

Banyak kalangan yang bertanya tentang Pura Prajepati berbentuk candi ala Jawa, tapi kami tidak bisa menjelaskan secara detail.

“Pura ini bahkan sempat terdengar ditelinga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bali  bahkan pernah berkunjung namun hanya mengabadikan lewat foto, “ jelasnya.

Pura Prajepati satu kesatuan dengan Pura Dalem. Untuk piodalan jatuh pada rahina Buda Kliwon Matal. Pura Dalem diempon sebanyak 5 banjar antara lain Mentigi, Sampalan, Geria Tengah, Batununggul dan Tainbesi.

Rangkain upacara piodalan diawali dengan pelastian diiringi tari wali seperti Baris Gede, Tejang Dewa serta topeng. Puncak pujawali hari ini nyejer tiga hari sementara nyinep sabtu depan. (ras/mus)                        

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia