JawaPos Radar

Ingin Mengulang Sejarah

Warga NU dan Santri Jalan Kaki Dukung Cak Imin Jadi Cawapres Jokowi

20/07/2018, 10:53 WIB | Editor: Kuswandi
Santri
Sekitar 3000 Warga NU dan satri j‎alan kaki dari Banjar ke Jakarta (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Rupanya masyarakat dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dalam mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi cawapres Joko Widodo (Jokowi) tidak main-main. Sebab sekira 3.000 orang gabungan santri, ormas termasuk organisasi sayap NU melakukan aksi jalan kaki dari Banjar menuju Jakarta.

Aksi long march tersebut dilakukan sebagai bukti keinginan warga NU dalam menjadikan Cak Imin sebagai cawapres Jokowi.

Laskar Santri Kota Banjar Gun-Gun Gunawan, mengatakan ‎aksi tersebut dilepas langsung oleh Pimpinan Ponpes Miftahul Huda Al-Azhar Munawwir Ibrahim. Kata dia, Cak Imin harga mati sebagai pendamping Jokowi di 2019.

"Sehingga ‎kami buktikan dukungan ini dengan aksi long march Banjar - Jakarta yang diikuti oleh ribuan santri dan unsur masyarakat lainnya," ujar Gun Gun dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Jumat (20/7).

Dijelaskan, Gun Gun aksi jalan kaki ini dimulai dari pondok pesantren Al Azhar Kota Banjar-kantor PCNU Kota Banjar-Alun-alun, berlanjut ke Ciamis, terus sampai Jakarta. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan guna menjaga ketertiban jalannya aksi.

"Dari Bandung, kami akan mengambil rute via Cianjur-Bogor hingga Jakarta," katanya.

Gun Gun menegaskan, aksi dilakukan atas kesadaran penuh para santri, ormas serta masyarakat, yang sejak awal sudah menyatakan kepastiannya mendukung Cak Imin sebagai wakil presiden 2019.

"Sudah saatnya santri kembali memimpin negeri ini, mengulang sejarah di awal era milenial, di mana saat itu tokoh besar NU Abdurrahman Wahid atau Gus Dur didaulat menjadi Presiden RI keempat dengan Megawati Soekarnoputri sebagai wakilnya," pungkasnya.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up