JawaPos Radar

Seram, Ada Singa Putih di Jakarta

22/07/2018, 09:15 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Seram, Ada Singa Putih di Jakarta
Singa Putih (White Lion). (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ada yang menarik di kawasan Ancol tepatnya di Mini Zoo Faunaland, Jakarta Utara. Biasanya, orang akan rela bermacet ria ke Taman Safari di Bogor, Jawa Barat, jika ingin melihat Singa Putih (White Lion).

Namun, tidak perlu khawatir. Hewan buas yang diketahui langka itu bisa dinikmati kegarangannya di Faunaland Ancol. Bahkan tidak hanya satu, tetapi 12 ekor telah berhasil di-branding oleh Faunaland.

"Daripada pergi jauh atau hanya bisa nonton di TV maka kami coba datangkan, bisa di-branding. Misalnya, singa putih kita dari 1 jantan 2 betina, sekarang sudah ada 12 ekor dari mereka. Itu bentuk keberhasilan kami," tutur Kepala Operasional Faunaland, Frengky, saat ditemui JawaPos.com, di kawasan Ancol Jakarta Utara, Sabtu (21/7).

Seram, Ada Singa Putih di Jakarta
Singa Putih (White Lion). (Reyn Gloria/ JawaPos.com)

Menurutnya, hewan berhabitat asli di Timbavati, Afrika Selatan, ini sudah hampir punah. Banyak yang mengira White Lion adalah hewan albino, namun ternyata itu adalah hasil mutasi langka yang terjadi pada singa Kruger (Panthera leo krugeri).

Frengky menjelaskan, seperti Kangguru Putih, White Lion pun memiliki kesulitan bertahan hidup. Sebab, kulitnya yang memiliki warna terang sulit untuk berkamuflase, maka dari itu spesies ini sering sulit menangkap buruannya.

Indonesia perlu bangga karena Faunaland dapat melindungi White Lion dari kepunahan, bahkan telah mengembangbiakkan hingga 12 ekor. Wahana rekreasi taman satwa di area Allianz Ecopark Ancol itu menjadi habitat singa putih.

"White lion ini aslinya di Afrika tepatnya Taman Nasional Kruger. Sehari bisa menghabiskan 7-8 kg daging ayam," jelasnya

Dengan menekankan konsep satwa langka dan unik serta mengedukasi anak tentang hewan, Faunaland pun menyediakan stand penjualan daging untuk pengunjung dapat memberikan makan langsung kepada White Lion.

"Kami sediakan stand untuk pengunjung bisa feeding hewan. Hanya dengan Rp 5 ribu untuk wortel dan Rp 15 ribu sudah bisa mendapat potongan daging untuk beri makan Singa," terangnya.

Maka tunggu apalagi, momen ini bisa dipakai orang tua untuk mendekatkan diri dengan buah hati. Sebab, mini zoo ini sangat cocok didatangi oleh keluarga, terutama anak yang masih dalam tahap usia serba ingin tahu.

(ce1/rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up