JawaPos Radar

Makin Instagramable, Kali Besar Kota Tua Jadi Pilihan Traveler

16/07/2018, 06:00 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Makin Instagramable, Kali Besar Kota Tua Jadi Pilihan Traveler
Keindahan Kali Besar, Tamansari, Jakarta Barat. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

Hari libur selalu dijadikan momen untuk berwisata bersama sanak kerabat dan keluarga. Di Jakarta, pilihan tempat rekreasi semakin menjamur serta menjadi lebih bagus karena berbagai perbaikan yang dilakukan. Bahkan, objek wisata yang telah lama ada kini dipercantik hingga lebih menarik pengunjung.

Yesika Dinta, Jakarta

Wisata Kota Tua, Jakarta Barat menjadi pilihan yang tidak lagi asing di mata para traveler. Tak hanya hari libur atau weekend, namun setiap hari kawasan tersebut padat pengunjung.

Makin Instagramable, Kali Besar Kota Tua Jadi Pilihan Traveler
Keindahan Kali Besar, Tamansari, Jakarta Barat. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

Menambah pilihan wisata, proyek revitalisasi Kali Besar kini juga digandrungi traveler yang mungkin sudah bosan berjalan-jalan di area Kota Tua. Letaknya yang tak jauh dari Stasiun Jakarta Kota dan Halte Transjakarta Kota itu memudahkan masyarakat yang ingin berkunjung.

Kali yang desainnya terinspirasi dari Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan tersebut baru dibuka sepekan lalu oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Sejak Jumat (6/7) lalu, pengunjung banyak mendatangi lokasi yang instagramable itu.

Berbeda dengan sebelumnya, Kali Besar kini memiliki dermaga terapung yang masih ditutup. Area pejalan kaki atau pedestrian zone juga sangat lebar dan dilengkapi dengan area parkir kendaraan. Ada juga sebuah jembatan yang terbentang lebih lebar.

Sejumlah patung lucu berbentuk macam-macam figur pun menghiasi pedestrian zone. Menjadi lebih nyaman, kedua sisi Kali Besar dilengkapi dengan bangku taman.

Bukan hanya sekadar berkunjung, beberapa dari traveler menyempatkan waktu berswafoto bersama teman, keluarga, dan juga pasangan. Beberapa dari mereka bahkan menggunakan momen libur di kawasan Kali Besar untuk sekaligus melakukan foto prawedding.

Agus, 31, warga Bekasi, Jawa Barat, mengaku sengaja datang ke lokasi dan telah merencanakan konsep foto prawedding bersama pasangannya. Mereka terlihat antusias berpose walau di bawah teriknya sinar matahari.

“Iya nih (foto prawedding), tadinya rencana mau di depan Museum Fatahillah, tapi ramai, di sini sepi dan santai,” ujarnya kepada JawaPos.com di pedestrian zone Kali Besar, Jakarta Barat, Minggu (15/7).

Menurut salah satu petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang berjaga, Zuhri mengatakan, proyek dibuka untuk publik selama 24 jam. Masyarakat cukup banyak berlalu lalang, terlihat dari banyaknya kendaraan yang terparkir di area sekitar.

“Baru dibuka untuk umum, ini sampai malam tetap buka,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno secara simbolis membuka proyek revitalisasi yang dikerjakan PT Sampoerna Land dengan dana koefisien lantai bangunan (KLB) sekitar Rp 260 miliar itu. Proyek tersebut kini dapat dinikmati masyarakat dan pengunjung wisata Kota Tua.

"‎Kita hari ini secara simbolis, Alhamdulillah, melakukan pembukaan seng (pembatas proyek dan ruas jalan) dan pemberian akses kepada masyarakat untuk proyek revitalisasi Kali Besar baru yang sangat monumental ini," ujar Sandi di Kali Besar, Tamansari, Jakarta Barat, Jumat (6/7).

Politikus Partai Gerindra itu berharap, penataan Kota Tua secara keseuruhan dapat menjadi suatu lembaran baru. “Kota Tua tidak lagi semrawut, tapi punya ruang yang terbuka buat masyarakat dan bisa mengakses ke pelataran yang jadi pusat Kota Tua,” paparnya. 

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up