JawaPos Radar

Khawatir Populasi Turun, Rumania Beri Pensiun Dini bagi Ibu Pekerja

15/07/2018, 18:06 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Khawatir Populasi Turun, Rumania Beri Pensiun Dini bagi Ibu Pekerja
Rumania beri pensiun dini bagi ibu pekerja (BBC)
Share this image

JawaPos.com - Rumania akan memberikan pensiun lebih awal bagi para para ibu yang bekerja. Menurut Kantor berita Mediafax, anggota parlemen dari Partai Sosial Demokrat bersama Aliansi Liberal dan Demokrat telah mendukung perubahan undang-undang (UU) terkait masa pensiun.

Jika nantinya rancangan UU tersebut disetujui maka para ibu yang bekerja dapat pensiun beberapa tahun lebih awal. Melalui dokumen rancangan disebutkan kalau ketentuan pensiun harus dua tahun lebih awal.

Mereka berhak mendapat pensiun lebih awal jika memiliki anak berusia di atas 10 tahun. Mediafax mengatakan, RUU tersebut diperkenalkan karena semakin banyak perempuan yang memutuskan untuk menunda memiliki anak dengan alasan pertimbangan ekonomi.

Tercatat tingkat kesuburan di Rumania telah turun ke titik terendah. Jumlah kelahiran di negara tersebut bahkan turun sebanyak 200 ribu per tahunnya.

Hal tersebut menunjukkan, secara efektif berarti populasi dikurangi oleh lima orang Rumania setiap jam. Surat kabar Evenimentul Zilei juga mengatakan, penurunan tersebut dapat mengakibatkan masalah sosial.

Kurangnya jumlah populasi akan mempengaruhi pasar tenaga kerja, anggaran kesehatan serta pensiun. Seperti dilansir BBC, usia pensiun bagi para pekerja perempuan di Rumania tergantung dengan tahun kelahiran mereka.

Namun sebagian besar para pekerja yang sudah menjadi ibu lahir setelah 1955 yang berarti usianya sudah mencapai 60 tahun. Rumah Nasional Pensiun Umum mengatakan, usia para ibu yang bekerja akan mencapai 63 tahun pada 2030 mendatang.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up